Rabu, 21 April 2021

Tiga Hakim pada Kasus Ahok Dapat Promosi

Tiga Hakim pada Kasus Ahok Dapat Promosi

Foto: Majelis Hakim menegur terdakwa Ahok karena pembahasan terdakwa dinilai keluar dari materi pembelaan. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Tiga dari lima anggota majelis hakim dalam perkara penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mendapatkan promosi.

Banner Iklan Swamedium

Dalam situs Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung (Badilum MA) tercantum tiga hakim dalam kasus Ahok mendapatkan promosi. Mereka adalah Dwiarso Budi Santiarto, Abdul Rosyad, dan Jupriyadi.

Disebutkan dalam situs itu, dari hasil rapat Tim Promosi Mutasi (TPM) hakim pada Rabu (10/5), Dwiarso yang juga adalah ketua majelis hakim kasus Ahok, sekaligus ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara, dipromosikan menjadi hakim tinggi di Pengadilan Tinggi Denpasar, Bali.

Sementara Abdul Rosyad, dipromosikan menjadi hakim tinggi Pengadilan Tinggi Palu. Sebelumnya adalah hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Sedangkan Jupriyadi, yang menjabat sebagai wakil ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara, dipromosikan menjadi ketua Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat.

Terkait dengan promosi itu, Kepala Biro Hukum dan Humas MA Ridwan Mansyur mengatakan mutasi itu tak berhubungan dengan perkara Ahok. Dia menuturkan hal itu sebagai program reguler MA.

“Enggak ada hubungannya mutasi dengan perkara Ahok. Ada 320 hakim dimutasi reguler,” kata Ridwan, Kamis (11/5).

Seperti diketahui, pada Selasa (9/5) majelis hakim menjatuhkan vonis Ahok 2 tahun penjara karena terbukti melakukan penodaan agama sesuai Pasal 156a KUHP.

Majelis Hakim juga langsung memerintahkan Gubernur DKI itu untuk ditahan dan saat ini tengah mendekam di Rutan Mako Brimob setelah sebelumnya sempat ditahan di rutan Cipinang. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita