Rabu, 21 April 2021

Universitas Trisakti Mengenang Tragedi 98

Universitas Trisakti Mengenang Tragedi 98

Foto: Tabur bunga oleh mahasiswa Universitas Trisakti di lokasi penembakan mahasiswa pada tragedi 1998. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Universitas Trisakti menggelar peringatan mengenang Tragedi Trisakti pada Jumat (12/5). Namun peringatan tersebut berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Banner Iklan Swamedium

Mahasiswa Fakultas Perminyakan Universitas Trisakti Yuda Wastu (21) menuturkan, kegiatan kali ini terpusat di dalam kampus mereka yang terletak di kawasan Grogol, Jakarta Barat.

“Kayaknya enggak kayak tahun-tahun lalu (aksinya). Semua terpusat di kampus,” kata Yuda seperti dilansir VIVA.co.id.

Kegiatan di dalam kampus Trisakti tersebut dimulai dengan upacara, tabur bunga di lokasi ditemukannya jenazah para mahasiswa Trisakti, kemudian ziarah ke makam-makam para korban tragedi tersebut pada pagi hari. Lalu, siangnya, mereka mengadakan acara talkshow bersama beberapa orang yang pernah mengalami langsung tragedi 12 Mei 1998 silam. Setelah itu, mereka melakukan aksi damai di sekeliling area kampus.

“Ada acara pameran, ada talkshow dari mereka yang mengalami kejadian (tragedi 12 Mei 1998). Kegiatan di kampus. Pagi itu rutinan (upacara dan ziarah) setiap tahun. Dan ada aksi turun ke jalan,” tutur Rakka, mahasiswa Trisakti lainnya.

Sembilan belas tahun yang lalu, tepatnya pada 12 Mei 1998, sebuah sejarah kelam tercatat dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Aksi demo menuntut Presiden Soeharto mundur berubah menjadi kerusuhan. Saat itu aparat keamanan memukul mundur mahasiswa hingga ke kampus Universitas Trisaksi. Empat mahasiswa Trisakti tewas ditembus peluru. Keempat mahasiswa itu adalah Elang Mulia Lesmana (jurusan Arsitektur angkatan 1996), Hendriawan (jurusan Manajemen angkatan 1996), Hafidin Royan (jurusan Teknik Sipil anggkatan 1996), dan Heri Hartanto (jurusan Teknik Mesin angkatan 1996).

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita