Jumat, 23 April 2021

Kendalikan Harga, Kementan Guyur 9.000 Ton Bawang Putih ke Pasar Induk Kramat Jati

Kendalikan Harga, Kementan Guyur 9.000 Ton Bawang Putih ke Pasar Induk Kramat Jati

Jakarta, Swamedium.com – Kementerian Pertanian (Kementan) mengguyur 9.000 ton bawang putih ke Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, hari ini Sabtu, (13/5). Hal ini dilakukan pemerintah untuk mengendalikan harga bawang putih yang terus merangkak naik menjelang bulan puasa.

Banner Iklan Swamedium

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan pasokan bawang putih ini bisa mencukupi kebutuhan hingga usai lebaran.

“Kami tidak mau ada harga bawang putih di atas Rp 38 ribu, makanya kami guyur dengan 9 ribu ton di Pasar Induk Kramat Jati,” kata Amran di Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur kepada media, Sabtu (13/5).

Menurut Amran, operasi pasar akan dilakukan oleh Kementan jika harga sudah mulai tinggi. Namun pemerintah juga tidak mau terlalu sering, karena dikhawatirkan bisa membuat harga terlalu jatuh.

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pangan Setyo Wasisto mengatakan akan menindak tegas pedagang yang terindikasi melakukan kartel bawang putih.

“Nah, ini yang dipantau Kementan dari bawang putih memang harganya kurang baik. Ada kenaikan sedikit dari sekitar Rp40 ribu, tapi dengan operasi pasar ini harga menjadi sekitar Rp 32 ribu,” jelas dia.

Sementara itu, harga bawang putih di pasar Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat sampai hari ini masih berada di kisaran Rp50.000 per kg. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita