Sabtu, 24 April 2021

Masjid Raya Baiturrahman Aceh Diresmikan, Jadi Ikon Baru Indonesia

Masjid Raya Baiturrahman Aceh Diresmikan, Jadi Ikon Baru Indonesia

Banda Aceh, Swamedium.com — Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla (JK) meresmikan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh yang sudah selesai direnovasi, Sabtu (13/5).

Banner Iklan Swamedium

Wajah baru Masjid Raya Baiturahman ini mirip landscape dan infrastrukturnya dengan Masjid Nabawi di Madinah.

“Masjid raya ini ikon kedua Indonesia. Kalau di Jakarta ada Monas, kalau datang ke Aceh pasti yang dikenal Masjid Raya,” kata JK dalam sambutannya.

JK yang datang bersama istrinya Mufidah Jusuf Kalla berharap Masjid Raya Baiturahman bisa menjadi pemersatu seluruh umat, tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga bisa menjadi tempat musyawarah dan sarat pendidikan.

“Baik itu untuk beribadah, musyawarah maupun dijadikan pusat pendidikan dan peradaban di Aceh. Sejarah telah membuktikan, masjid menjadi tempat dan pusat berkumpul warga untuk mengatur strategi,” ucap Wapres seperti dikutip antaranews.

Pelaksanaan renovasi Masjid Raya Baiturahman ini sudah dimulai sejak Juli 2015 lalu. Dengan wajah baru, masjid raya Banda Aceh ini dilengkapi 12 payung elektrik yang terpasang di utara dan timur dengan ukuran 24×24 meter.

Untuk parkir kenderaan tersedia di basemen masjid yang bisa menampung 254 mobil dan 347 motor. Selain itu juga terdapat tempat ambil air wudhuk berjumlah 288 titik di basement.

Jika dulu, Masjid Raya Baiturahman hanya bisa menampung 9.000 jamaah, setelah renovasi jumlah jamaah yang bisa ditampung menjadi 24.400 jamaah, baik di dalam masjid maupun yang ada di pelataran masjid di bawah payung. (*/d)

Foto: Masjid Raya Baiturahman menjadi ikon baru Indonesia, dilihat waktu malam. (ist)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita