Selasa, 20 April 2021

Mengenal Seluk Beluk Investasi Emas

Mengenal Seluk Beluk Investasi Emas

Jakarta, Swamedium.com – Kalau Anda ingin kaya, maka berinvestasilah. Sebab investasi akan membuat nilai uang atau aset Anda berkembang. Dalam berinvestasi, ilmu dasarnya adalah jangan menempatkan semua uang Anda di satu keranjang (don’t put your money on one basket). Salah satu pilihan investasi yang akan kita bahas saat ini adalah berinvestasi di emas.

Banner Iklan Swamedium

Tetapi sebelum berinvestasi emass, kenali terlebih dahulu jenis investasi emas agar Anda memahami kerugian maupun keuntungannya baik dari sisi kemampuannya menghasilkan tingkat pengembalian investasi (return on investment/ROI) maupun keamanan nilainya.

Perlu Anda pahami bahwa berinvestasi di emas tidak akan membuat kaya raya. Sebab, berdasarkan berbagai riset keuangan, kenaikan rata-rata harga jual emas hanya diatas bunga deposito dan kenaikan inflasi. Investasi emas hanya mengamankan uang Anda agar nilainya tidak tergerus oleh inflasi, tetapi emas tidak akan membiakkan aset Anda dengan cepat.

Karena itu, bila ingin kaya raya, jangan menempatkan seluruh uang Anda untuk berinvestasi di emas karena sifat emas hanya sebagai back-up dari inflasi. Meski demikian, bila ingin berinvestasi di emas, Anda juga perlu tahu jenis emas seperti apa yang cocok untuk kebutuhan investasi.

Emas Batangan

Emas batangan alias emas murni ini memiliki kadar emas murni (kadar emas 999.9%). Emas batangan ini bisa dibeli langsung ke galeri PT Antam Tbk, pegadaian atau toko emas dengan ukuran bervariasi mulai dari 5 gram. Ini adalah bentuk investasi emas yang sebenarnya. Namun, kekurangannya adalah Anda tidak bisa menikmati barang-barang mewah itu karena biasanya hanya disimpan di kotak saja.
Biasanya permintaan emas batangan tinggi di saat nilai rupiah merosot terhadap dollar Amerika Serikat. Karena, banyak orang yang berupaya mengamankan nilai uangnya dari tekanan inflasi yang tinggi.

Emas Perhiasan

Melakukan investasi ke emas perhiasan bagi kalangan sosialita atau wanita yang gemar mengoleksi barang-barang mewah adalah cara investasi emas yang tepat. Kenapa tepat? Selain, mereka mendapat keuntungan berupa kepuasan bathin dengan memakai perhiasan emas, nilai pokok uang untuk beli perhiasan emas juga relatif terjaga. Kalau dijual lagi, biasanya hanya dikurangi dengan biaya desain pembuatannya. Semakin rumit desainnya, biaya juga makin mahal. Bandingkan bila membeli perhiasan imitasi, tentu uangnya bakal hilang begitu saja sebab barangnya tidak laku dijual lagi.
Bagi penggemar perhiasan emas, keuntungan investasi emas hanya urutan ke dua. Kepuasan bathin yang lebih utama.

Koin Emas

Bagaimana dengan investasi koin emas? Koin emas yang dibeli biasanya digunakan untuk tujuan naik haji atau tujuan membiayai perjalanan haji dengan tabungan emas. Investasi koin emas jenis tertentu juga dapat disejajarkan dengan investasi barang-barang antik. Intinya, nilai jual koin emas tidak hanya bergantung pada kadar emas namun juga nilai antik,kuno dan kelangkaan desain koinnya.

Untuk anda yang menggemari dan paham mengenai barang-barang antik dan memiliki uang berlebih, bisa mencoba berinvestasi ke koin emas. Bila mau menjual emas dengan harga tinggi, tentu harus menjualnya ke tangan kolentor yang gemar barang antik dari koin emas atau barang antik lainnya. Dengan catatan memang ada hal unik di koin emas, misalnya koin emas dari masa kerajaan dahulu atau yang lainnya.

Dibalik keterbatasan investasi emas itu, dari segi likuiditas atau kemudahan menjualnya, baik emas batangan, emas perhiasan maupun koin emas memiliki likuiditas tinggi atau gampang diuangkan dibandingkan investasi di properti. Bila Anda membutuhkan uang segera, pembeli emas ada di mana-mana dan siap membelinya. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita