Selasa, 20 April 2021

Sineas Palestina Gelar Festival Film Karpet Merah di Jalur Gaza

Sineas Palestina Gelar Festival Film Karpet Merah di Jalur Gaza

Gaza, Swamedium.com — Perang dengan Israel tidak mematikan kreatifitas seniman Palestina. Buktinya, untuk ke tiga kalinya, para sineas Palestina menggelar Festival Film Karpet Merah di Jalur Gaza yang dibuka pada Jumat (12/5).

Banner Iklan Swamedium

Saat pembukaan festival,para seniman dan penonton berjalan di karpet merah yang digelar di lantai yang dibangun dari puing-puing rumah yang hancur karena perang dengan Israel.

Seperti dilansir Reuters, Festival Film Karpet Merah sudah diadakan sejak 2015. Adapun tujuan festival adalah meningkatkan kesadaran banyak orang tentang kesulitan di Jalur Gaza yang didiami hampir dua juta orang Palestina.

Disebutkan, sekitar 1.000 orang menghadiri malam pembukaan festival film tersebut. Festival bakal berlangsung hingga 17 Mei mendatang. Festival ini juga bertepatan dengan peringatan 69 tahun “Nakba” atau “bencana” ketika ratusan ribu orang terpaksa meninggalkan rumah mereka pada 1948 karena perang Arab-Israel.

“Festival Karpet Merah akan menampilkan 25 film, yang dibuat oleh seniman Palestina, Arab dan artis internasional di Gaza, Tepi Barat, dan kota Haifa,” kata juru bicara festival Saud Aburamadan.

“Pesan kami adalah: ‘Kami mencintai kehidupan sebanyak yang kami bisa’,” kata Aburamadan.

Gaza berada di bawah pemerintahan gerakan Hamas, dengan kemiskinan dan pengangguran meluas di daerah kantong tersebut. (ant/d)

Foto: Festival Film Karpet Merah digelar di Jalur Gaza Palestina. (ist)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita