Selasa, 20 April 2021

Polrestabes Surabaya Bongkar Pabrik Merica Palsu

Polrestabes Surabaya Bongkar Pabrik Merica Palsu

Foto: Modus tersangka dalam menjalankan aksinya yaitu mengoplos biji merica yang dihaluskan dengan nasi karak yang sudah dihaluskan. (Ari/swamedium.com)

Surabaya, Swamedium.com — Satgas Pangan Polrestabes Surabaya menangkap pelaku pengoplosan bubuk merica di kawasan Ploso Timur Surabaya. Dalam pengungkapan tersebut diamankan tersangka bernama Junaidi (44) warga Ploso Timur.

Banner Iklan Swamedium

Modus tersangka dalam menjalankan aksinya yaitu mengoplos biji merica yang dihaluskan dengan nasi karak yang sudah dihaluskan.

”Lalu tersangka mengemasnya dalam kemasan plastik dengan diberi merek ‘cap dua lombok’,” ungkap Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Shinto Silitonga dikantornya, Minggu (14/5).

Tersangka, kata Shinto dalam menjalankan aksinya mempekerjakan empat karyawan yang merupakan saudara sendiri dari tersangka.

”Tersangka sudah 10 tahun menjalankan aksi dan dalam satu hari tersangka bisa memproduksi 30 Kg atau 2,5 ton dalam satu bulan dengan keuntungan per bulan Rp 20 juta,” jelasnya.

Atas usahanya yang tanpa memiliki ijin usaha tersebut, pihaknya akan menjerat tersangka dengan Pasal 142 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan Pasal 62 UU No. 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen.

”Hukumannya minimal 5 tahun penjara,” tandasnya. (Ari)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita