Jumat, 23 April 2021

Terorisme Digital Belum Usai, Kaspersky : WannaCry 2.0 Sudah Hadir Sejak Kemarin

Terorisme Digital Belum Usai, Kaspersky : WannaCry 2.0 Sudah Hadir Sejak Kemarin

Foto : Bahayanya WannaCry yang memeras uang anda (thehackernews)

Jakarta, swamedium.com — Setelah diberitakan sebelumnya akan bahayanya ransomware WannaCry yang menyerang dua rumah sakit di Jakarta yakni rumah sakit harapan kita dan rumah sakit dharmais yang melumpuhkan aktifitas komputasi pada saat melakukan administrasi, hacker pencipta WannaCry menghadirkan WannaCry versi 2.0 tanpa “tombol bunuh”.

Banner Iklan Swamedium

Hal itu dikonfirmasi oleh Costin Raiu salah satu seorang peneliti dari Kaspersky melalui motherboard.vice.com mengatakan “Saya bisa konfirmasi ini kami menemukan versi tanpa tombol (untuk) membunuh domain yang terhubung (dengannya) sejak kemarin”.

Jadi bisa disimpulkan untuk mematikan ransomware WannaCry versi 2.0 akan lebih sulit daripada versi sebelumnya kecuali sistem yang terinfeksi sudah di tambal celah keamanannya. Ransomware WannaCry ini menginfeksi korbannya melalui protokol SMB secara jarak jauh dan untuk menidentifikasi sasaran korban, WannaCry hanya melakukan pemindaian alamat IP yang berada di Internet.

Matthew Hickey seorang pakar dibidang keamanan digital dan salah satu pendiri dari Hacker House melalui thehackernews mengatakan WannaCry versi 2.0 ini dapat memodifikasi dirinya sendiri menjadi berbagai macam berkas tidak hanya berkas yang disebut “WCry” dan menurut kami nantinya akan ada malware lain yang saling mendukung untuk membuat jenis malware yang serupa melihat kesuksesannya serangan WannaCry ini.

Selain itu Matthew Hickey juga mendemonstrasikan melalui dua video di bawah ini bagaimana WannaCry dapat menginfeksi komputer dengan sistem operasi Windows 7 yang menginfeksi melalui protokol SMB (MS17-010)

dan yang satu ini penjelasan secara teknis bagaimana WannaCry dapat menginfeksi komputer Windows dan dijelaskan dengan menggunakan aplikasi Wireshark

Matthew Hickey juga mengingatkan sejak WannaCry berbentuk berkas yang dapat di eksekusi, itu dapat menyebar melalui bentuk yang lain seperti phising pada web, serangan berkas yang diunduh dan ancaman dari berkas yang diunduh dari torrent.

Foto : Langkah penanganan yang diinstruksikan Microsoft melalui thehackernews

Untuk menangani serangan ini berikut langkah-langkah alternatif selain menggunakan antivirus yang dijelaskan oleh Microsoft melalui tautan ini.(*/rk)
Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita