Selasa, 20 April 2021

35 Koperasi Dirikan Gerai Ritel Modern Tomikomart

35 Koperasi Dirikan Gerai Ritel Modern Tomikomart

Jakarta, Swamedium.com – Koperasi siap menggeser dominasi gerai ritel modern, seperti Indomart dan Alfamart. Sebanyak 35 koperasi karyawan pabrik di Kawarang, Jawa Barat yang tergabung dalam Konsorsium Usaha Koperasi Karawang (KUKK) merambah bisnis ritel modern dengan nama gerai Tomikomart. Jumlah anggota koperasi yang mencapai 75.000 orang itu sebagai target utama pasarnya.

Banner Iklan Swamedium

Gerai ritel Tomikomart berada dibawah payung PT Tomiko Mandiri Indonesia yang didirikan oleh KUKK. KUKK beranggotakan 35 koperasi yang berada di area pabrik di Karawang, Jawa Barat.

Direktur PT Tomiko Mandiri Indonesia Ihin Solihin menyampaikan optimismenya di bisnis ritel. Ia tak khawatir nasib Tomikomart akan seperti 7-Eleven yang terus merugi dan akhirnya banyak yang tutup.

Tonikomart, ungkapnya, tidak perlu memetakan pasar sebagaimana biasa dilakukan oleh gerai ritel baru lainnya karena target pasarnya sudah ada.

“Direktur operasional kami dulunya GM ritel mapan. Saya Tanya,”Pak, gimana kalau mau mendirikan gerai? Dia akan survei tiga bulan untuk memetakan market. Nah, kami enggak usah memetakan market karena sudah ada marketnya,” ujar Ihin di Karawang seperti dilansir dari Kompas, Senin (15/5).

Para anggota inilah yang menjadi market utama Tomikomart. Kehadiran gerai Tomikomart juga ditempatkan di lokasi yang dekat dengan market yang tidak lain adalah para karyawan yang merupakan anggota koperasi.

Dari sisi harga, Ihin mengatakan semua barang yang dijual di Tomikomart sangat kompetitif dengan para kompetitor gerai ritel yang sudah mapan. Bahkan, ada barang tertentu yang harga jualnya lebih murah dari harga di pasar.

Sebab sebagai kepanjangan tangan koperasi karyawan, Tomikomart bisa bekerja sama dengan perusahaan untuk menjual produknya kepada para anggota koperasi.

PT Tomiko Mandiri Indonesia juga membuka kesempatan bagi koperasi lain yang tertarik membuka gerai dengan brand Tomikomart.Tawarannya sangat menarik, 99 persen omset akan diberikan kepada koperasi tersebut.

Adapun PT Tomiko Mandiri Indonesia hanya mengambil 1 persennya saja.
Dengan begitu maka tujuan pengembangan koperasi sebagai lembaga dan anggota sebagai aset diharapkan bisa tercapai.

Tahun ini, PT Tomiko Mandiri Indonesia menargetkan pendirian 20 gerai di Karawang. Rencananya, konsep pengembangan koperasi serupa juga akan di sebarkan ke kota dan kabupaten seluruh Jawa Barat. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita