Kamis, 22 April 2021

KIP Tolak Gugatan Sengketa Informasi Reklamasi Teluk Jakarta

KIP Tolak Gugatan Sengketa Informasi Reklamasi Teluk Jakarta

Foto: Peta lengkap reklamasi pantai teluk Jakarta lengkap dari pulau A hingga pulau Q. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Majelis Komisi Informasi Pusat (KIP) menolak gugatan sengketa informasi yang diajukan oleh Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta (KSTJ) mengenai hasil komite gabungan reklamasi Teluk Jakarta, di Graha Perusahaan Perdagangan Indonesia, Jakarta, Senin (15/5) Siang.

Banner Iklan Swamedium

Anggota majelis KIP Dyah Aryani mengatakan, majelis komisioner menilai termohon Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman telah menyerahkan ringkasan dokumen dari hasil kajian tim gabungan yang dinilai sudah cukup akuntabel.

“Termohon telah memberikan kepada pemohon berupa rumusan rekomendasi komite bersama reklamasi Pantai Utara Jakarta, dan paparan paparan sosial, ekonomi reklamasi Pantai Utara Jakarta,” katanya.

Dyah melanjutkan, “Majelis berpendapat termohon secara akuntabilitas tertuang dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya. Majelis berpendapat bahwa permohonan sengketa aquo ditolak”.

Dalam gugatannya KSTJ meminta kajian komprehensif dari segi lingkungan, hukum, dan sosial, yang menjadi dasar kebijakan melanjutkan reklamasi. Sedangkan Kemenko Kemaritiman hanya menyampaikan daftar rekomendasi soal reklamasi teluk jakarta berupa powerpoint melalui surat elektronik. Namun menurut Majelis Komisioner rekomendasi tersebut dinilai telah kooperatif.

Selain itu, majelis juga menilai bukti berupa pemberitaan tentang reklamasi yang diajukan KSTJ tidak cukup kuat untuk disampaikan dalam persidangan.

“Objek sengketa menjadi semakin tidak jelas,” katanya.

Meski demikian, keputusan majelis terjadi dissenting opinion. Ketua majelis komisioner Evy Trisulo menilai gugatan itu harus dikabulkan, serta Kemenko Bidang Kemaritiman wajib memenuhinya. (Ima)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita