Jumat, 23 April 2021

Longsor Susulan Terjadi di Luwu Timur, Warga Diimbau Tak Kembali ke Rumah

Longsor Susulan Terjadi di Luwu Timur, Warga Diimbau Tak Kembali ke Rumah

Foto: Longsor susulan masih terjadi, Warga Diimbau tidak kembali ke rumah. (sindo)

Luwu Timur, Swamedium.com — Tiga hari pasca terjadinya longsor di Dusun Harapan, Desa Maliwowo, Kecamatan Angkona, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, tercatat lima kali terjadi longsor susulan di titik yang berbeda.

Banner Iklan Swamedium

Kondisi tersebut membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur (Lutim), belum membolehkan warga yang mengungsi kembali ke rumah.

Bupati Lutim M Thoriq Husler mengatakan pihaknya belum membolehkan warga yang sudah mengungsi kembali ke rumahnya. Dirinya mengungkapkan, dari laporan yang diterimanya, titik longsor di Angkona terus bertambah. Bahkan, Sabtu (13/5) lalu antara pukul 23.00 hingga 24.00 Wita kembali terjadi longsor susulan.

“Sudah beberapa kali terjadi longsor, kami bersama tim relawan tetap di lokasi berjaga-jaga dan tetap mengimbau warga agar waspada terhadap longsor susulan di titik baru,” katanya seperti dikutip sindonews.

Sementara itu, koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Lutim Burhanuddin Buyung, mengutarakan masih sangat rawan jika lokasi di sekitar longsor kembali dihuni warga. Menurut hasil pemantauannya sejak terjadinya longsor, Jumat (12/5) lalu sudah enam kali terjadi pergeseran tanah di atas gunung yang berada di permukiman warga.

“Pergeseran tanah terus terjadi sehingga menyebabkan longsor susulan, meski tidak separah kejadian pertama,” tuturnya.

“Kami terus berada di lokasi. Sudah lima kali terjadi longsor susulan, lokasi di sini masih bahaya apalagi kalau hujan lebat. Semalam bahkan longsor lagi setelah terjadi hujan,” pungkasnya. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita