Kamis, 22 April 2021

Indonesia Darurat Ransomware WannaCry, Suwandono : Pakai GNU/Linux Aman Dari Ancaman Ini

Indonesia Darurat Ransomware WannaCry, Suwandono : Pakai GNU/Linux Aman Dari Ancaman Ini

Foto : Suwandono sedang siaran radio di RSPD Klaten (facebook.com/surodhemit/)

Oleh Suwandono*

Banner Iklan Swamedium

Jakarta, swamedium.com — Akhir-akhir ini pengguna komputer khususnya sistem operasi milik Microsoft yakni Windows sedang ramai diresahkan oleh WannaCry, salah satu ransomware yang digunakan untuk memeras pengguna Windows hingga akhirnya Kementrian Komunikasi dan Informatika mengatakannya melalui media lain “Indonesia Darurat Ransomware” dan kemudian menyebarkan SMS yang isinya langkah-langkah untuk mengantisipasi serangan ransomware ini.

Foto : Isi SMS yang disebarkan oleh kemkominfo (*)

Hingga akhirnya ketua umum BLC Telkom Klaten angkat bicara mengenai masalah ini. Seletah dihubungi swamedium.com pada hari Senin (15/5) siang tadi beliau bersedia memberikan tanggapan akan bahayanya ransomware ini.

Perangkat lunak termasuk sistem operasi GNU/Linux relatif aman dari serangan virus, Hal ini karena system yg dibangun berbasis GNU/Linux setiap system dan subsistemnya pada pengelolaan untuk mengeksekusi, membaca dan menulis pada setiap user akan dibatasi dengan hak akses yang disertai username dan password, artinya setiap aplikasi yang akan dieksekusi atau berkas yang akan dibaca dan ditulis harus memiliki hak akses yang terlindung dan tidak bisa diintervensi kecuali super user atau root.

Dan dengan menggunakan GNU/Linux pun terbukti sebagai sistem operasi yang handal digunakan pada server di seluruh negara. Apabila virus Ransomware WannaCry berani menyerang sistem operasi GNU/Linux termasuk FreeBSD dan lainnya yang tergabung ke dalam kategori Open Source (sumber terbuka), sama saja mereka bunuh diri.

Jangan terpancing pada permainan WannaCry ini, semua pasti memiliki tujuan. Ingat, masih banyak virus atau ransomware lain yang lebih dahsyat dan siap menunggu giliran berikutnya. Pesan saya, selalu asah dan kembangkan ilmu pengetahuan bidang teknologi informasi anda untuk kemaslahatan umat, rahasia Alloh lebih besar dari fikiran dan akal manusia.

Penulis adalah ketua umum dari BLC Telkom Klaten dan pendiri dari komunitas belajar GNU/Linux yang diberi nama “Ayo Belajar Linux”.

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita