Jumat, 23 April 2021

Amien Rais: Reklamasi Lebih Banyak Manfaatnya untuk Rakyat Cina

Amien Rais: Reklamasi Lebih Banyak Manfaatnya untuk Rakyat Cina

Foto: Amien Rais menjadi pembicara utama seminar tentang reklamasi Teluk Jakarta di Gedung DPR. (Joko/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Indonesian Resources Studies menggelar seminar terbuka yang mengambil tema “Setop Program Reklamasi Teluk Jakarta” yang diadakan di Ruang GBHN Nusantara V, DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/5).

Banner Iklan Swamedium

Mantan Ketua MPR RI periode 1999-2003 Amien Rais bertindak sebagai pembicara utama dalam seminar tersebut. Menurutnya, fakta soal pembangunan reklamasi itu suatu hal yang salah perhitungan, maka sudah semestinya pemerintah harus segera mengambil tindakan untuk tidak melanjutkan reklamasi.

“Ini kan merugikan Indonesia, logikanya kan Indonesia sudah banyak pulau, ngapain dibuat pulau lagi,” kata Amien.

Ia mengungkapkan, pembangunan reklamasi Teluk Jakarta lebih banyak manfaatnya untuk rakyat Cina ketimbang buat kepentingan nasional.

“Saya yakin ini Cina sudah sangat kepanasan karena memiliki penduduk 1,4 milyar, jadi butuh wilayah wilayah untuk ditinggali. Nah, Indonesia ini merupakan tujuan untuk ditinggali oleh penduduk Cina,” ungkapnya.

“Reklamasi merupakan State Corporate of Crime, yang harus dihentikan, sebagai bentuk antisipatif kedatangan orang orang dari negara Cina,” sergah Amien.

Ia juga menambahkan, ada beberapa indikasi Cina ingin menjadi penguasa dunia, yakni dengan cara membangun kekuatan ekonomi dan militer beberapa dekade yang sudah dilakukan.

“Kekuatan ekonomi, militer maka bisa juga memiliki aspirasi global power, bahwa sejak 4 tahun lalu Cina sudah mendesain untuk banyak menghegemoni dunia. Dengan cara menguasai jalan darat sutera dari Cina hingga membentang ke Belanda, lalu melalui laut, dari Laut Cina Selatan hinnga Rotterdam. Jalur-jalur itu meliputi 45 negara, dan juga 4,2 milyar orang,” tutupnya. (Jok/ls)

Click here to Reply or Forward

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita