Rabu, 14 April 2021

Jasa Marga Akan Naikkan Tarif Sebelas Ruas Tol

Jasa Marga Akan Naikkan Tarif Sebelas Ruas Tol

Jakarta, Swamedium.com – Setelah tarif listrik naik, kini tarif tol juga akan menyusul untuk naik. PT Jasa Marga Tbk tahun ini akan menaikkan tarif 11 ruas tol miliknya. Besarnya kenaikan tarif tol itu disesuaikan dengan tingkat laju inflasi, yang tahun ini besarnya kurang dari 10%.

Banner Iklan Swamedium

Asisten Vice President Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso mengatakan sekitar 11 ruas tol milik perusahaannya mengalami penyesuaian tarif tersebut.

“Betul, sesuai penyesuaian tarif terakhir, pada tahun ini akan ada 11 ruas tol milik Jasa Marga yang akan mengalami penyesuaian tarif,” ujar Heru seperti dikutip Republika di akhir pekan.

Heru menjelaskan penyesuaian tarif tersebut dilakukan setiap dua tahun untuk memberikan kepastian dalam pengembalian investasi yang telah ditanamkan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan jalan tol dan menjaga iklim investasi.

“Sesuai UU Nomor 38/2004, dan PP No 15/2005, besaran penyesuain tarif berdasarkan laju inflasi,” ujar Heru.

Sebelumnya Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra mengatakan pada November 2017 akan ada penyesuaian tarif tol baru. Menurut Herry, sekitar 18 ruas tol terdampak kebijakan tersebut.

Dengan kenaikan tarif tol ini, menurut Herry tidak berpengaruh dengan naik-turunnya volume kemacetan. Kemacetan disebabkan oleh over kapasitas kendaraan yang memasuki ruas tol, sementara kenaikan tarif dikarenakan ada perjanjian dalam perundang-undangan.

“Harus dipisah kalau macet itu karena volumenya lebih besar dari kapasitas. Tarif naik karena di perjanjian diasumsikan begitu,” ujar dia. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita