Jumat, 23 April 2021

Nil Maizar Masih Cari Formasi Ideal Semen Padang

Nil Maizar Masih Cari Formasi Ideal Semen Padang

Foto: Keterbatasan pemain U-23 dan masih cideranya Koh Jae Sung membuat Nil Maizar belum menemukan formasi yang pas. (ist)

Padang, Swamedium.com—Sampai pekan ke enam kompetisi Gojek-Traveloka Liga 1, pelatih Semen Padang FC, Nil Maizar masih belum menemukan formasi tim yang pas. Nyaris di setiap pertandingan, Semen Padang tampil dengan formasi tim yang berbeda.

Banner Iklan Swamedium

Menurut Nil Maizar, dia harus melakukan sejumlah rotasi karena keterbatasan materi dan kemampuan pemain muda yang ia miliki.

“Semen Padang berbeda dengan dengan tim lain dalam hal kualitas pemain U-23 yang menjadi kewajiban regulasi Liga-1,” kata Nil seperti dikutip juara.net.

Alhasil, ia terus mencariformula pas untuk menghadapi setiap karakter lawan.

Pada laga terakhir melawan Persib, mantan pelatih Timnas Senior Indonesia ini kembali memakai formula anyar.

Ia memasang gelandang sayap Riko Simanjuntak sejak menit awal pertandingan. Berbeda dengan partai-partai sebelumnya di mana pemain asal Medan itu selalu menjadi super-sub bersama Irsyad Maulana.

Pada laga yang berakhir imbang 1-1 itu, Nil juga baru menurunkan gelandang serang senior Vendry Mofu di babak kedua.

Strategi baru ini cukup efektif dan mumpuni. Tetapi, kemenangan kandang yang menjadi sasaran gagal terpenuhi.

Selain alasan kualitas pemain muda, rotasi juga dilakukan karena gelandang bertahan Koh Jae-sung dan bek sayap kiri Boas Atururi sedang dalam pemulihan cedera.

Sementara tim tak punya banyak opsi di bawah mistar. Jika Jandia Eka Putra tidak siap, solusi satu-satunya adalah memainkan Muhammad Ridwan yang tampil di bawah mistar dengan telinga yang dibalut perban. Ridwan harus tetap bermain karena Jandia cedera tendon lutut kaki kiri.

“Ya, saya harus melakukan hal itu. Meski sebagian orang menilai saya ini mencoba-coba pemain. Tetapi, itu adalah bagian dari taktik dan strategi yang harus saya lakukan. Kami punya keterbatasan dalam hal pemain muda U-23 dan juga problem cedera,” jelas Nilmaizar. (*/d)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita