Kamis, 15 April 2021

Puluhan Suku di Papua Ramaikan Festival Danau Sentani

Puluhan Suku di Papua Ramaikan Festival Danau Sentani

Jakarta, Swamedium.com – Pemerintah Daerah Papua akan menggelar Festival Danau Sentani selama lima hari berturut-turut, mulai tanggal 19-23 Juni 2017. Festival yang akan berlangsung di Khalkote, Sentani Timur, Papua ini didukung oleh puluhan suku yang akan berpartisipasi dalam pertunjukan seni budaya dan adat.

Banner Iklan Swamedium

Festival yang diselenggarakan sejak tahun 2007 ini telah menjadi agenda tahunan yang masuk dalam kalendar pariwisata utama di Papua. Danau Sentani memiliki peran besar di Papua karena danau ini terbesar di Provinsi Papua dengan luas sekitar 9.360 hektar dan menjadi sumber penghidupan bagi 24 desa di sekitarnya. Selain itu, Danau Sentani memiliki air bersih yang kaya dengan ikan air tawar.

Selama festival ini berlangsung akan ada banyak pertunjukan adat, seni dan kebudayaan dari puluhan suku yang berpartisipasi. Pertunjukkan tersebut, antara lain seperti atraksi Tari Isosolo yang merupakan tarian penghormatan untuk Ondoafi atau kepala adat dan juga Felabhe yang merupakan tarian perang yang menceritakan suku di Papua sebelum bersatu seperti sekarang.

Kalender Pariwisata Papua menggambarkan selama atraksi, peserta akan menggunakan atribut unik seperti hiasan kepala dari bulu burung, bertelanjang dada, mencoret sebagian tubuh, membawa busur dan anak panah serta menari diatas perahu yang sudah dihias dengan beragam tumbuhan.

Selain banyaknya atraksi yang bisa dilihat, wisatawan di festival ini juga bisa menemukan hasil kerajinan asli dari Papua seperti kerajinan kulit kayu, batik khas Papua, batu akik, noken, produk olahan seperti cokelat, kopi, sagu dan buah merah.

Wisatawan juga bisa mencicipi kuliner khas Papua sambil menikmati pemandangan keindahan Danau Sentani. Jangan langsung pulang jika festivalnya berakhir karena kamu masih bisa mengeksplorasi keindahan Papua dengan mengunjungi destinasi lainnya seperti Raja Ampat, Teluk Cenderawasih, Pulau Misool, Pulau Wayag dan keindahan Papua lainnya.(maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita