Selasa, 20 April 2021

Tabungan Emas di Pegadaian Bisa untuk Kurban

Tabungan Emas di Pegadaian Bisa untuk Kurban

Jakarta, Swamedium.com – Lembaga amal zakat infak dan sedekah (Lazis) milik Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama, Lazismu dan Lazisnu didukung oleh PT Pegadaian (Pesero) meluncurkan program tabungan emas sebagai alat pembayaran untuk membeli hewan kurban. Program kolaborasi kedua lembaga tersebut telah dimulai sejak tahun lalu.

Banner Iklan Swamedium

Lazismu dalam rilisnya mengungkapkan bahwa melalui program ‘Tabungan Emas untuk Kurban’, fungsi emas mulia tidak lagi hanya sebagai instrumen investasi. Terbukti, emas mulia sekarang bisa digunakan sebagai alat transaksi. Memang pengunaannya masih terbatas. Tetapi, ini hanya soal waktu. Dalam beberapa bulan mendatang, akan semakin banyak transaksi yang bisa dilakukan dengan emas mulia sebagai alat pembayaran.

Salah satu produk yang bisa dibayar dengan emas mulia adalah ternak kurban, khususnya kambing atau domba untuk Idul Adha pada September mendatang. Khusus untuk program ‘’Tabungan Emas untuk Kurban’’, dipilih kambing atau domba dengan harga setara emas mulia 5 gram.

Program ‘’Tabungan Emas untuk Kurban’’ merupakan proyek bersama antara Lazismu dan Lazisnu yang difasilitasi PT Pegadaian (Persero). Program kolaborasi ini merupakan yang kedua, setelah tahun lalu menggelar ‘’Kurban Satu Miliar.’’

Skema kurban ini memiliki beberapa persyaratan berikut;

Pertama, program ini hanya bisa diikuti oleh pemilik rekening ‘’Tabungan Emas’’ di Pegadaian. Bila belum punya akun, Anda bisa mendaftar sebagai nasabah di semua kantor Pegadaian di seluruh Indonesia. Formulir calon nasabah bisa diperoleh di kantor Pegadaian atau didownload lebih dahulu melalui laman www.pegadaian.co.id

Kedua, setelah memiliki Tabungan Emas, Anda bisa mengikuti program khusus ‘’Tabungan Emas untuk Kurban’’ dengan mengisi formulir yang tersedia. Pastikan Anda memilih dengan benar badan penyelenggara program kurban: Lazismu atau Lazisnu.

Ketiga, mulai menabung dari Rp5 ribuan sehari melalui kantor Pegadaian atau ATM Bank BNI atau Bank BRI terdekat. Dalam waktu dekat juga bisa melalui ATM Bank Mandiri. Setiap kali menyetor, uang Anda akan langsung dikonversi dengan emas mulia pada harga saat itu. Menabunglah terus hingga emas hasil konversi mencapai 5 gram untuk membeli seekor kambing.

Bila jumlah emas Anda telah mencapai 5 gram, Pegadaian akan melakukan transfer gram emas ke rekening Lazismu atau Lazisnu sesuai dengan pilihan Anda pada saat membuka rekening.

Keempat, Lazismu atau Lazisnu setelah menerima transfer gram emas akan melakukan buy back atau menjual kembali emas tersebut ke Pegadaian agar bisa memperoleh dana tunai untuk membeli kambing.

Kelima, Lazismu atau Lazisnu akan menyiapkan kambing kurban dan mengirimkan kambing tersebut ke alamat sebelum pelaksanaan salat Idul Adha.

‘’Tabungan Emas untuk Kurban’’ merupakan upaya Lazismu dan Lazisnu untuk memberi kemudahan pembiayaan hewan kurban bagi masyarakat. Melalui program ini, masyarakat yang ingin kurban bisa menabung emas sedikit demi sedikit sampai mencapai 5 gram pada batas waktunya.

Anda sudah bisa memanfaatkan ‘’Tabungan Emas untuk Kurban’’ mulai Rabu, 17 Mei – 17 Agustus 2017. Bila pada batas waktu tersebut tabungan emas belum bisa mencapai 5 gram, Anda bisa menjadikan sebagai ‘’Tabungan Emas’’ reguler atau meneruskan sebagai program ‘’Tabungan Emas untuk Kurban’’ tahun 2018. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita