Rabu, 21 April 2021

Jembatan Ampera Palembang Bergetar Ditabrak Tongkang Batubara

Jembatan Ampera Palembang Bergetar Ditabrak Tongkang Batubara

Foto: Jembatan Ampera Palembang ditabrak Tongkang Batubara yang putus . (ist)

Palembang, Swamedium.com — Tongkang bermuatan batubara menghantam tiang Jembatan Ampera Palembang, Rabu (17/5) siang pukul 11.00 WIB. Tabrakan itu sempat membuat jembatan yang jadi ikon Kota Palembang itu bergetar.

Banner Iklan Swamedium

Peristiwa itu terjadi saat tongkang raksasa milik PT Bukit Asam ditarik tugbot dari arah Dermaga 35 Ilir menuju Boom Baru. Tiba-tiba, tali penarik putus, tepatnya sekitar 500 meter dari Jembatan Ampera.

Dilansir merdeka.com, tongkang kemudian hanyut dengan kecepatan tinggi karena arus Sungai Musi cukup deras. Tugbot lain berupaya menarik tongkang namun gagal karena keburu hanyut dan melaju kencang menuju jembatan. Tongkang langsung menghantam Jembatan Ampera. Posisinya memanjang dan mengenai dua tiang jembatan.

Tabrakan itu mengeluarkan suara kencang yang membuat warga sekitar kaget. Terdapat kerusakan di tiang penyangga. Bahkan, kencangnya tabrakan membuat batubara terlempar dan tertinggal di dinding atas jembatan.

Tak itu saja, tongkang juga menghantam speedboat yang sedang melintas di bawah jembatan. Speedboat itu akhirnya tenggelam, beruntung nakhoda selamat setelah terjun ke sungai.

Sekitar dua jam menutupi arus lalu lintas sungai, tongkang itu berhasil dievakuasi dengan cara ditarik oleh delapan kapal. Evakuasi terkendala arus sungai deras dan muatan batu bara yang besar.

Kasat Polair Polresta Palembang, Kompol CS Panjaitan mengatakan, pihaknya akan menyelidiki terkait penyebab putusnya tali penarik dan kerusakan di jembatan akibat tabrakan. Serang dan pandu tugbot akan dimintai keterangan, termasuk serang speedboat yang menjadi korban.

“Kita lihat nanti, kalau memang ada kelalaian pasti diproses. Untuk pemilik tongkang belum tahu, apa punya Bukit Asam atau swasta,” ujarnya. (*/d)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita