Kamis, 22 April 2021

Komisi I DPR: TNI Harus Jelaskan Insiden Meriam Buatan Cina yang Tewaskan 4 Prajurit

Komisi I DPR: TNI Harus Jelaskan Insiden Meriam Buatan Cina yang Tewaskan 4 Prajurit

Foto: Prajurit TNI menjadi korban meledaknya Meriam Chang Chong Buatan Cina. (ist)

Jakarta Swamedium.com — Anggota Komisi 1 DPR RI, Elnino M. H Mohi menanggapi kabar duka atas tewasnya empat orang prajurit TNI dan sejumlah prajurit lainnya yang terluka parah, saat kegiatan gladi bersih Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) yang terjadi pada Rabu (17/5) Siang.

Banner Iklan Swamedium

“Saya percaya TNI masih dapat diandalkan untuk menjaga republik ini, tapi jangan sampai kejadian seperti ini akan menurunkan wibawa TNI di mata nasional atau di mata internasional,” dalam rilisnya yang diterima Swamedium.com, Rabu (17/5) sore.

Peristiwa naas itu terjadi saat TNI menggelar latihan tempur di Tanjung Datuk, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, dengan menggunakan Alutsista buatan Tiongkok.

Kejadian bermula saat sebuah meriam bermerk Chang Chong yang hendak digunakan prajurit TNI untuk latihan tempur meledak di tempat, alhasil empat prajurit TNI tewas dalam peristiwa tersebut.

“TNI perlu memberikan penjelasan resmi dan detail mengenai kejadian ini,” tandasnya.

“Korban luka mesti segera diselamatkan. Sedangkan yang meninggal dunia dikembalikan kepada keluarga dengan permintaan maaf kepada pihak keluarga dan pemberian penghargaan yang pantas kepada almarhum,” imbuhnya.

Anggota komisi yang menangani bidang Pertahanan, Luar Negeri, Komunikasi dan Informatika, serta Intelijen itu meminta kepada TNI agar melakukan pemeriksaan menyeluruh setiap pembelian alutsista yang digunakan langsung oleh prajurit TNI.

“Perlu segera diklarifikasi mengenai proses pembelian alutsista serta sistem quality control yang dijalankan oleh TNI,” ucap Elnino.

Rencananya, lewat komisi 1 DPR RI nantinya, ia akan menjadi inisiator untuk memanggil TNI.

“Komisi 1 DPR RI perlu mengundang pihak Mabes TNI dan Kemenhan untuk memperoleh penjelasan yang detail dan reliabel,” pungkasnya. (Jok/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita