Minggu, 11 April 2021

Pengembang Ubuntu Diskusikan Rencana Perpindahan Menggunakan GNOME Di Ubuntu 17.10

Pengembang Ubuntu Diskusikan Rencana Perpindahan Menggunakan GNOME Di Ubuntu 17.10

Foto : Tim pengembang Ubuntu sedang melakukan pertemuan pada acara Ubuntu Developer Summit (ist)

London, swamedium.com — Ubuntu desktop sedang mengalami masa transisi penggunaan ruang lingkup desktop yang sebelumnya menggunakan Unity setelah diberitakan sebelumnya Mark Shuttleworth mengakui salah memperhitungkan proyek Ubuntu Touch termasuk Unity. Namun bagaimanakah proses transisi tersebut? Mark juga sebelumnya telah memberikan rencana penggunaan desktop GNOME di Ubuntu 18.04 tapi rupanya tim pengembang Ubuntu akan mensegerakan proses transisi penggunaan GNOME di Ubuntu 17.10.

Banner Iklan Swamedium

Hal itupun dikonfirmasi oleh salah satu pengembang Ubuntu Ken VanDine yang sudah lama bekerja di Canonical selama 8 tahun dan pernah ikut terlibat dalam mengembangkan ruang lingkup desktop Unity 8 selama tiga tahun. Ia mengatakan akan ada beberapa perubahan kecil pada tampilannya untuk menyesuaikan pengalaman menggunakan GNOME yang membuat pengguna Ubuntu merasakan pengalaman baru ketika menggunakan Ubuntu 17.10 seperti tidak akan mengaktifkan fitur GNOME CSD. Untuk fitur GNOME CSD ini kemungkinan akan digunakan pada Ubuntu 18.04 dan ada beberapa penyesuaian tema Ambiance agar nyaman digunakan pada GNOME.

Pada sisi aplikasi, tim pengembang sedang melakukan pemilihan paket ketergantungan yang harus digunakan dan tidak digunakan seperti libunity yang seharusnya tidak digunakan karena tidak menggunakan Unity dan lainnya. Untuk aplikasi bawaan yang disertakan pada Ubuntu 17.10 masih dibahas dalam rapat pertemuan pengembang Ubuntu.

Untuk proses menyiapkan aplikasi dan paket apa saja yang disertakan memerlukan waktu yang cukup banyak dalam proses transisi ini. Dalam melakukan persiapan transisi ini juga tim pengembang Ubuntu telah dibantu oleh tim dari Ubuntu GNOME. Tak luput juga masalah keamanan diperhatikan di sini seperti mozjs dan gjs yang sedang dikerjakan pembaruannya untuk menambal celah keamanan di dalam komponen tersebut.

Tim pengembang juga menerima laporan yang tercampur seperti masalah performa GNOME shell, ada beberapa tester disini merasakan beratnya menggunakan GNOME shell dan ada beberapa yang lain tidak merasa berat menggunakannya. “Kami sedang melakukan tunning performansi. Dan juga ada seseorang yang mengerjakan untuk menambahkan dukungan HiDPI.” kata Ken VanDine.

Karena masih dalam proses transisi, Ken VanDine juga menambahkan belum akan menghapus sepenuhnya Unity pada Ubuntu 17.10 dan akan disertakan dua ruang lingkup desktop yakni GNOME yang akan menggunakan wayland dan Unity. (*/rk)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita