Rabu, 21 April 2021

Pengurus FPI Lulus Seleksi Awal Komisioner Komnas HAM, Begini Komentar Jimly

Pengurus FPI Lulus Seleksi Awal Komisioner Komnas HAM, Begini Komentar Jimly

Foto: Prof. Jimly Asshiddiqie. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Jimly Asshiddiqie menyatakan pihaknya tentu akan menelusuri rekam jejak Pengurus Front Pembela Islam (FPI) Semarang Zaenal Abidin yang lolos tahap seleksi awal.

Banner Iklan Swamedium

Menurut Jimly, pada prinsipnya pansel akan menelusuri rekam jejak Zaenal. Pansel, kata dia, tetap akan bersikap adil kepada semua pihak.

“Nanti kita cek, kalau dia ormas ya enggak apa-apa, kita harus lakukan adil. Kita harus lihat integritasnya juga,” kata Jimly di Gedung Kementerian Hukum dan HAM, Kuningan, Jakarta, Rabu (17/5).

Ia menjelaskan, jika ada calon komisioner yang tidak memenuhi syarat, tentu tidak akan lolos. Untuk itu, lanjut Jimly, dalam proses seleksi ini akan ada klarifikasi untuk mengetahui betul-betul rekam jejak calon.

>Baca Juga: Pengurus FPI Jateng Lulus Seleksi Awal Komisioner Komnas HAM

“Kalau memang tidak memenuhi syarat ya tidak lolos. Makanya ini ada trackingnya, di forum juga ada klarifikasi,” ucapnya.

Jimly juga mengatakan kursi komisioner Komnas HAM nantinya harus diduduki oleh orang yang berkapasitas dan berintegritas. Komisioner nantinya juga harus memiliki kerjasama yang kuat, pengalaman yang mumpuni, dan punya tujuan ke depan untuk mengelola Komnas HAM, demikian ungkap Jimly.

“Komnas HAM ini ada di titik nadir, karena Komnas HAM ini disebut yang paling parah karena sekjennya mengundurkan diri, laporan keuangannya juga disclaimer. Makanya ini harus diperbaiki lewat RUU, harus dievaluasi,” ungkap Jimly.

Mulai hari ini, Rabu (17/5) hingga Kamis (18/5) besok, pansel melakukan tahapan seleksi terhadap 60 calon anggota secara terbuka. Total calon tersebut dibagi menjadi delapan kelompok yang masing-masing ada yang diisi tujuh sampai delapan orang. Empat kelompok pertama yang terdiri dari 30 calon mengikuti tahapan seleksi pada Rabu ini dan empat kelompok yang kedua pada Kamis 18 Mei besok. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita