Jumat, 23 April 2021

Argo: Polda Metro Belum Akan Jemput Paksa Habib Rizieq

Argo: Polda Metro Belum Akan Jemput Paksa Habib Rizieq

Foto: Imam Besar Umat Islam Indonesia, Habib Rizieq Syihab. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Terkait keberadaan Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab, Polda Metro Jaya belum akan melakukan upaya penjemputan paksa karena status Habib Rizieq yang menjadi saksi dalam kasus dugaan video chat.

Banner Iklan Swamedium

“Jadi belum (upaya penjemputan paksa). Intinya bahwa disampaikan pak Kadiv Humas. Ada namanya blue notice untuk melihat aktivitas dan keberadaan itu saja. Untuk upaya paksa belum boleh. Kalau namanya dengan upaya paksa, kita kan ada tahapan masing-masing,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, Rabu (17/5) kemarin.

Untuk dilakukan upaya penjemputan paksa, kata Argo, tentunya dilakukan terhadap seorang tersangka.

“Tentunya harus tersangka, kemudian dibuatkan surat perintah penangkapan. Setelah itu diterbitkan DPO, kami lalu koordinasi dengan interpol untuk pemanggilan. Tentu ada syaratnya lagi untuk red notice, seperti foto dan identitas,” lanjutnya.

Ketika ditanya terkait barang bukti antara tersangka FH dengan saksi Habib Rizieq, Argo mengatakan penyidik yang lebih memahami perihal barang bukti.

“Ya banyak (barbuk). Yang sudah kami kumpulkan banyak. Ada surat ada handpone. Itu pun masih kurang, kita tunggu (penyidik) saja, penyidik yang lebih tau. Kita tunggu saja ke pengadilan. Ini materi (terkait barbuk),” tuturnya. (Yog/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita