Kamis, 22 April 2021

Para Ahli Keamanan IT Belum Menemukan Solusi Yang Tepat Untuk Melumpuhkan WannaCry

Para Ahli Keamanan IT Belum Menemukan Solusi Yang Tepat Untuk Melumpuhkan WannaCry

Foto : Laptop yang terkena ransomware WannaCry (nymag)

Jakarta, swamedium.com — Seperti yang diberitakan sebelumnya, ransomware WannaCry ini penyerangannya sangat masif dan hampir di seluruh dunia terkena WannaCry ini. Suwandono menyatakan para pakar kemanan IT masih mendiskusikan permasalahan ini. Ia menyampaikannya bersama juga Abrao Ximenes salah satu pakar sistem keamanan informasi di Jakarta melalui radio RSPD Klaten pada (17/5) Rabu malam lalu.

Banner Iklan Swamedium

“Memang untuk penanganannya ini belum ada jadi (hanya -red) tindakan pencengahannnya bisa dilakukan namun bagaimana cara menangkal agar virus WannaCry ini bisa dilumpuhkan ini masih diupayakan. Para ahli kemanan IT saat ini juga masih berusaha keras dan sudah beberapa hari juga kami bersama-sama sistem administrator indonesia melaui forum (untuk -red) kita juga membahas ini bahwa intinya apabila komputer kita sudah terinfeksi maka usahakan sebelumnya jangan dikoneksikan internet baik itu melalui HP, data lan atau wifi agar (komputer yang lainnya -red) tidak terkena virus ini.” ujar Suwandono.

Adapun saran yang disampaikan Abrao Ximenes untuk melakukan tidakan-tindakan pencegahan sebelum terkenanya WannaCry ini. “Karena kalau kita sudah kena, kita kaget ya, padahal kita gak persiapan untuk resiko-resiko (terkena -red) virus wannacry ini.” jawab Bang Abrao.

“Kita bisa menghindari salah satu caranya kita bisa menggunakan open source (salah satunya) Linux, sejauh ini Linux masih dikatakan aman ya dari serangan ransomware” Ujar Abrao Ximenes. “Sejauh ini dia juga kebal virus, virus bisa dihapus di linux juga. Virus untuk Linux juga jarang ya, paling dikit daripada Windows”. Kata pendiri komunitas Kali Linux Indonesia ini.(rk)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita