Kamis, 22 April 2021

Kemacetan Arus Mudik 2017 Diprediksi Pindah ke Seputar Pekalongan

Kemacetan Arus Mudik 2017 Diprediksi Pindah ke Seputar Pekalongan

Foto: Kemacetan parah terjadi saat arus mudik 2016 di exit tol Brebes. (ilustrasi/ist)

Jakarta, Swamedium.com — Pada musim mudik 2017 nanti, ruas tol Brebes-Pemalang sudah bisa digunakan. Hal ini diprediksi akan membuat kemcetan akan berpindah ke seputar kota Pekalongan..

Banner Iklan Swamedium

”Exit tol nantinya di Pemalang sehingga akan terjadi penumpukan kendaraan di wilayah Kota Pekalongan karena tidak mempunyai jalan lingkar,” kata Kepala Dishubkominfo Jawa Tengah Satriyo Hidayat beberapa waktu lalu.

Menurut Satrio, kemacetan di Kota Pekalongan disebabkan di daerah tersebut memiliki banyak persimpangan, dan ada pula dua pintu perlintasan kereta api yang menutup hingga 84 kali sehari atau setiap 10-15 menit sekali.

Untuk itu, lanjut Satrio, pihaknya akan disiapkan jalur alternatif dari Pemalang yang bisa tembus hingga kota Batang sehingga kendaraan tidak perlu melalui Kota Pekalongan. Jalur alternatif Pemalang-Batang itu nantinya akan disosialisasikan ke Jakarta sebagai jalur mudik Lebaran 2017 sehingga warga yang akan ke Jateng melalui jalur pantai utara (pantura) dapat mengetahui rutenya.

”Pada arus mudik Lebaran tahun kemarin kami melakukan kekeliruan karena sosialisasi rute alternatif di Jateng, mestinya sosialisasinya di Jakarta yang akan mudik ke Jateng,” ungkapnya.

Satrio menambahkan demi mengatasi kemacetan di Kota Pekalongan, sebenarnya sudah ada rencana pembangunan jalan lingkar sepanjang 26 km dari Wiradesa sampai Alun-Alun Batang. Saat ini, jalur jalan lingkar Kota Pekalongan itu masih dalam penyusunan detail engineering design (DED) dan sedang dilakukan pula proses pembebasan lahan milik warga yang terkena pembangunan jalan tersebut. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita