Selasa, 20 April 2021

Muara Bendera, Cagar Alam Tersembunyi di Muara Gembong Bekasi

Muara Bendera, Cagar Alam Tersembunyi di Muara Gembong Bekasi

Foto: Kawasan cagar alam Muara Bendera di kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. (Nael/swamedium)

Bekasi, Swamedium.com — Mendengar kata ‘Gembong’, sebagian dari kita akan mengasosiasikan pada orang yang berkuasa, jagoan, jawara atau semacam itu.

Banner Iklan Swamedium

Ada benarnya juga kalau kita mengasosiasikan kata gembong dengan seorang berkuasa dan jagoan, sebab Muara Gembong, sebuah kecamatan di Bekasi ini dulu dipenuhi para jawara atau pendekar, bahkan hampir seluruh wilayah Bekasi banyak jawara atau pendekarnya, sebut saja jawara yang terkenal dari Bekasi saat aksi bela Islam kemarin, Damin Sada.

Tapi bukan itu yang akan ditulis di sini. Saya akan mencoba sedikit berbagi mengenai sebagian wilayah di kecamatan Muara Gembong yang berada di bagian utara Kabupaten Bekasi. Wilayah yang berbatasan dengan Teluk Jakarta dan Karawang Timur ini ternyata memiliki kawasan cagar alam yang masih tersisa di Muara Bendera.

Foto: Monyet ekor panjang yang masih bisa ditemukan di Muara Gembong. (Nael/swamedium)

Kawasan cagar alam di Muara Bendera ini masih asri serta dihuni satwa monyet ekor panjang, lutung jawa, beberapa jenis reptil dan hewan amfibi serta berbagai jenis burung.

Foto: Hewan amfibi sejenis Salamander yang menampakkan diri di cagar alam Muara Gembong. (Nael/swamedium)

Bagi penikmat traveling alam dan fotografi, kawasan cagar alam Muara Bendera yang berada dalam kecamatan Muara Gembong ini akan sangat menarik dan sebuah perjalanan yang mengasyikkan.

Kawasan cagar alam Muara Bendera dapat dicapai dengan menggunakan perahu dari pantai Marunda, Bekasi yang tarifnya berdasarkan negosiasi. Perjalanan dari pantai Marunda ini menggunakan perahu kayu dengan kapasitas 6 sampai 12 orang, membutuhkan waktu lebih dari satu jam hingga kita tiba di lokasi cagar alam.

Foto: Seorang “ranger” atau guide di cagar alam Muara Bendera. (Nael/swamedium)

Disambut seorang ranger kita akan diajak menelusuri jalur yang dapat dilalui di kawasan Muara Bendera ini.

Bila kita berkunjung ke cagar alam Muara Bendera, waktu yang tepat adalah pada pagi atau sore hari sudah tiba di lokasi. Untuk itu, kita perlu perkirakan kapan kita mulai berangkat dari tempat asal kita hingga sampai di lokasi pada waktu pagi atau sore sesuai yang kita sepakati. Sebab di waktu itulah satwa yang berada di kawasan cagar alam Muara Bendera beraktifitas. (AW)

Catatan seorang fotografer Swamedium.com: Nael Kilimanjaro

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita