Kamis, 22 April 2021

Mulailah Hari Dengan Berdoa

Mulailah Hari Dengan Berdoa

Jakarta, Swamedium.com – Mulailah membiasakan diri memulai hari dengan berdoa karena doa bisa mengubah takdir. Doa merupakan bentuk pengakuan manusia sebagai hamba yang lemah. Doa merupakan ikhtiar manusia untuk memohon kemurahan hati Allah, sang pencipta kehidupan agar menjaga dan menolong hidup kita.

Banner Iklan Swamedium

Dalam menjalani kehidupan, tugas manusia adalah menjalankan ikhtiar yang maksimal, berdoa dan berpasrah diri (tawakal) terhadap semua ketentuan Allah. Saya memaknai doa sebagai ikhtiar bathin.Tiada yang tidak mungkin bila Allah berkehendak.

Allah menegaskan di dalam Alquran surat Albaqarah ayat 186 tentang bentuk ikhtiar yang sangat dianjurkan, yaitu berdoa;

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Albaqarah: 186)

Ayat di atas menegaskan bahwa Allah swt, berada sangat dekat dengan hamba-Nya dan menyaksikan sekaligus mengabulkan setiap permohonan doa dari hambanya yang shaleh.
Berikut ini ada doa yang setiap kita sholat selalu dibaca. Karena itu, sebaiknya kita juga memahami juga maknanya.

Saudaraku, doa apakah yg sering sekali kita baca? Begitu seringnya do’a itu dibaca, sehingga ketika sedang membaca do’a banyak yang tidak merasa berdo’a. Padahal do’a itu sangat dahsyat, mencakup kebutuhan kita di dunia dan akhirat. Dan dibaca minimal 17 kali setiap hari.

Do’a dibawah ini adalah doa diantara dua Sujud,

Bismillhairrohmaanirrohiim…

√ ROBIGHFIRLII,
√ WARHAMNII,
√ WAJBURNII,
√ WARFA’NII,
√ WARZUQNII,
√ WAHDINI,
√ WA’AAFINII,
√ WA’FUANNII

√ ROBIGHFIRLII.
Wahai Tuhan ampunilah dosaku.
Dosa adalah beban, yang menyebabkan kita berat melangkah menuju ke ridho اللّهُ Dosa adalah kotoran hati yang membuat hati kelam sehingga hati kita merasa berat untuk melakukan kebaikan.

√ WARHAMNII.
Sayangilah diriku.
Kalau kita disayang اللّهُ hidup akan terasa tentram, karena dengan kasih SayangNya kita tindakan,perilaku dan ucapanebih trarah. Dengan kasih Sayang اللّهُ nafsu kita akan terbimbing.

√ WAJBURNII.
Tutuplah segala kekuranganku.
Banyak sekali kekurangan kita, kurang syukur, kurang sabar, kurang bisa menerima kenyataan, mudah marah, pendendam dll.

√ WARFA’NII.
Tinggikanlah derajatku.
Kalau اللّهُ sudah meninggikan derajat kita, maka pasti tidak ada manusia yang bisa menghinakan kita.

√ WARZUQNII.
Berikanlah aku rizki,
Sebagai hamba اللّهُ kita membutuhkan rizki اللّهُ mampu mendatangkan rizki dari arah yang tak terduga dan tanpa perhitungan.

√ WAHDINI.
Berikanlah aku petunjuk/bimbinglah aku ke jalan kebahagiaan.
Kita tidak hanya minta petunjuk/hidayah yang berkaitan dengan akhirat, tetapi kita juga minta petunjuk agar terhindar dari mengambil keputusan yang salah utk kebahagiaan di dunia.

√ WA’AAFINII.
Berikanlah aku kesehatan.
Apabila kita sehat kita bisa menambah kebaikan dan manfaat serta tidak menjadi beban orang lain.

√ WA’FUANNII.
Aku mohon agar kesalahanku dihapus dari catatan.

Bacaan doa tersebut diatas diawali doa dengan mohon ampun dan kita akhiri dengan permohonan ampunan utk menghapus dosa. Sehingga kita berharap benar-benar bersih dari dosa.

ALLAH Subhanallahu Wata’ala memerintahkan kita untuk membaca do’a itu. Rasulullah Sallalahu Alaihi Wasalam mencontohkan kepada kita seperti itu. Betapa dahsyatnya doa duduk diantara dua sujud, namun masih banyak diantara kita sering tergesa-gesa membacanya. Seharusnya tuma’nina dengan meresapi doa itu agar benar benar khusu’

Mari kita mulai mempelajari makna dari setiap gerakan sholat kita dan bacalah lebih fokus, maka kita akan merasakan jauh lebih nikmat dalam melaksanakan sholat, bukan sekedar melakukan kewajiban. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita