Jumat, 23 April 2021

“Nyadran” Menyambut Ramadhan

“Nyadran” Menyambut Ramadhan

Foto: Pemerintah Desa Bandung, Boyolalu dibantu Karang Taruna Rogoberanti, Desa Bandung mengadakan ritual “nyadran” di Pemakaman Desa, (Patih/jurnalis warga/swamedium)

Boyolali, Swamedium.com — Pemerintah Desa Bandung, Boyolali, Jawa Tengah dibantu Karang Taruna Rogoberanti, Desa Bandung mengadakan ritual “nyadran” di pemakaman desa, dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini yang diperkirakan jatuh pada Sabtu 27 Mei 2017.

Banner Iklan Swamedium

“Ini merupakan kegiatan ritual dalam melestarikan budaya nenek moyang kita dalam menyongsong bulan suci ramadham yang kita nantikan,” jelas Kepala Desa Bandung, Handoyo di lokasi, Minggu (21/5) kemarin.

Selanjutnya, jelas Handoyo, acara ini memakai cara-cara Islam, dimulai dengan bersih-bersih area pemakaman desa dari mulai jalan masuk sampai dalam pemakaman, dilanjut dengan kultum dan kenduri (selametan).

“Kegiatan ini sangat baik, ini merupakan salah satu bentuk cinta kita kepada bangsa ini yaitu dengan kita melestarikan salah satu budaya nenek moyang leluhur kita, hal ini dilakukan dalan rangka menziarahi makam leluhur dan warga sangat antusias terhadap kegiatan tersebut,” kata Ketua Karang Taruna Rogoberanti, Patih Arwani.

Arwani mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang bisa memupuk rasa kebersamaan dan ajang saling maaf memafkan antara warga masyarakat sebelum kita memasuki bulan suci yang kita nanti nantikan. (Patih Arwani/jurnalis warga)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita