Kamis, 15 April 2021

Pertamina Jamin Pasokan BBM Selama Mudik dan Lebaran Aman

Pertamina Jamin Pasokan BBM Selama Mudik dan Lebaran Aman

Foto: Antrian kendaraan di sebuah SPBU. (ilustrasi/ist)

Jakarta, Swamedium.com — PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) selama puasa dan arus mudik dan balik Lebaran aman kendati konsumsi dipastikan melonjak.

Banner Iklan Swamedium

Saat ini, Pertamina telah melakukan antisipasi lonjakan konsumsi mudik sampai arus balik Lebaran dengan meningkatkan stok tangki BBM (build up stock) di jalur-jalur utama sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan kekurangan pasokan BBM.

“Kami tim Pertamina wilayah Jawa bagian barat akan terus siaga memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Selama Ramadan dan Lebaran masyarakat tidak perlu khawatir. Untuk pasokan BBM dan elpiji dijamin aman,” ujar General Manager Marketing Operation Region III Pertamina, Jumali, melalui rilis yang diterima Swamedium.com, Senin (22/5).

Menurut dia, Pertamina wilayah Jawa bagian barat saat ini telah melakukan beberapa persiapan menghadapi arus mudik dan balik Lebaran. Pihaknya memperkirakan puncak arus mudik dimulai terjadi pada 23-24 Juni 2017, sedangkan puncak arus balik diperkirakan pada 1-2 Juli 2017.

“Kami sejak dini melakukan persiapan. Sesuai pengalaman yang sudah berjalan, para pemudik akan menuju Jalur Pantura maupun jalur selatan, baik melalui tol maupun jalur nontol. Adapun titik kemacetan diperkirakan terjadi di Merak, Cikampek, Nagrek, Cirebon-Pejagaan Brebes, menuju daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur,” kata dia.

Dia mengatakan, ketahanan pasokan premium di wilayah Jawa bagian barat sebanyak 21 hari, solar 34 hari, dan elpiji empat hari. Sementara selama periode masa mudik H-7 sampai H+7 diperkirakan konsumsi naik rata-rata premium naik 3% di atas penyaluran normal, yaitu sekitar 8.937 kiloliter (kl) per hari. Konsumsi pertamax series diperkirakan naik 15% menjadi 19.953 kl/hari, solar diperkirakan turun 51% menjadi sekitar 4.314 kl/hari, sedangkan elpiji diperkirakan naik 14% menjadi 6.778 metrik ton (MT) per hari.

Untuk mengamankan pasokan, lanjutnya, Pertamina MOR III telah membentuk satuan tugas yang siap memantau penyaluran setiap hari dengan sistem komputerisasi SIMSND (sistem informasi manajemen supply & distribution), menambah armada mobil tangki dan waktu operasional TBBM, menyediakan produk BBK dalam kemasan, yaitu pertamax, pertamina dex dalam kemasan, menyediakan motor dan pikap khusus untuk mobilisasi BBK dalam kemasan di titik-titik kemacetan Tol Cikampek-Kanci, serta menyiapkan mobil tangki berdispenser di rest area non-SPBU.

Selain itu, Pertamina juga melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dan instansi seperti Hiswana Migas, TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan instansi lainnya dalam menjaga keamanan dan kelancaran penyaluran BBM.

“Khusus untuk mengantisipasi macet panjang yang terjadi selama arus mudik, Pertamina juga menyiapkan sistem contra flow bekerja sama dengan kepolisian untuk kelancaran distribusi mobil tangki di jalur wisata. Pasokan BBM dipastikan selalu tersedia penuh dengan tambahan sistem buffer atau pengiriman BBM pada H-1 dari jadwal seharusnya,” paparnya.

Sementara untuk penyaluran elpiji, Pertamina melakukan persiapan dengan menambah alokasi untuk Depot Tanjung Priok, Depot Tanjung Sekong, dan Terminal Eretan pada Mei dan Juni. Penambahan sebesar 5% di atas normal dari 7.050 MT menjadi 7.400 MT, menyiapkan SPBE kantong sebanyak 12 SPBE, menambah suplai untuk SPBE di wilayah Bandung Raya dari Terminal Eretan dari jalur nontol Cipali untuk mengantisipasi kepadatan saat arus mudik.

“Kami memastikan depot elpiji maupun SPBE dapat tetap beroperasi pada hari Minggu dan siap untuk penambahan jam operasi, melakukan rerouting jalur skid tank yang melewati jalur rawan macet,” kata dia.

Area Manajer Communication & Relation Pertamina Jawa bagian barat Marketing Operation MOR III Yudi Nugraha mengatakan, Pertamina juga membentuk tim satuan tugas untuk memantau penyaluran pasokan BBM.

“Tim Satgas memantau dengan sistem komputerisasi untuk menjamin pasokan di titik-titik rawan kemacetan,” pungkasnya. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita