Selasa, 20 April 2021

Zona Kematian Everest Kembali Minta Korban, 3 Pendaki Tewas

Zona Kematian Everest Kembali Minta Korban, 3 Pendaki Tewas

Foto: Tiga pendaki gunung Everest dilaporkan meninggal, diduga akibat suhu dingin dan badai. (ist)

Kathmandu, Swamedium.com – Tiga pendaki meninggal dan satu orang hilang di kawasan yang terkenal dengan sebutan “zona kematian” Everest pada akhir pekan lalu. Dalam kejadian itu belasan pendaki juga diselamatkan dari pegunungan setinggi 8.848 meter itu dalam tiga hari terakhir.

Banner Iklan Swamedium

Seperti dilaporkan AFP, tim SAR kesulitan melakukan evakuasi pendaki yang berada di puncak tertinggi di dunia itu. Kondisi cuaca saat itu sedang berlangsung badai dengan suhu dingin yang luar biasa.

Pendaki asal Slowakia Vladimir Strba ditemukan meninggal di Everest pada Minggu, beberapa ratus meter dari puncak, kata Kamal Parajuli dari Departemen Pariwisata Nepal.

Korban ditemukan berada di atas marka 8.000 meter – dikenal sebagai “zona kematian” di pegunungan tersebut. Di area ini juga merenggut nyawa pendaki Amerika Roland Yearwood, tulis antaranews.

Zona kematian itu terkenal dengan medan yang sulit dan udara tipis, di mana kadar rendah oksigen menambah risiko penyakit ketinggian.

Seorang pendaki asal Australia meninggal di wilayah Tibet, lapor media setempat, yang mengutip Tibet Mountaineering Association.

Pendaki berusia 54 tahun asal Queensland juga dilaporkan terkena penyakit ketinggian setelah mencapai 7.500 meter, dia meninggal saat berusaha turun.

Satu pendaki lainnya menghilang sejak Sabtu sejak dia kehilangan kontak tidak lama setelah sampai ke puncak. Pemandunya yang berasal dari Nepal ditemukan tidak sadarkan diri di Kamp 4, tepat di bawah 8.000 meter, dan menderita radang dingin (frostbite). (*/d)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita