Kamis, 22 April 2021

Gemar Minuman Soda Bisa Sebabkan Kemandulan

Gemar Minuman Soda Bisa Sebabkan Kemandulan

Jakarta, Swamedium.com – Betul bahwa anak adalah anugerah Allah S.W.T. yang tidak semua pasangan suami istri mendapatkannya. Tetapi, manusia sunatullahnya harus berikhtiar, antara lain dengan menjaga kesehatan bila ingin mendapatkan keturunan.

Banner Iklan Swamedium

Ada fenomena menarik soal kemandulan ini. Kabarnya, pasangan suami istri yang sulit memiliki keturunan, terutama di kota-kota besar semakin meningkat. Stigma yang muncul, perempuan sekarang cenderung sulit untuk hamil. Apa penyebabnya?

Menurut pakar kesehatan, gaya hidup yang tidak baik, diantaranya dalam soal memilih minuman menjadi salah satu alasan terbesar yang menyebabkan kemandulan. Ternyata tidak boleh sembarangan memilih minuman.

Kegemaran mengonsumsi soda manis dan minuman soda, seperti Fanta, Sprite, Coca-Cola, dan minuman soda lainnya, ternyata dapat menyebabkan ketidaksuburan pada manusia. Padahal, para perempuan banyak yang gemar minum soda selama menstruasi agar haidnya lancar.

Kenapa soda tidak baik untuk kesehatan? Minuman aerasi ini mengandung pemanis buatan, aspartam, yang dapat mengganggu sistem endokrin yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan masalah ketidaksuburan pada wanita.

“Hampir semua minuman ringan dan soda mengandung aspartam yang terkait dengan banyak masalah kesehatan termasuk ketidaksuburan, malformasi, dan keguguran,” kata Arvind Vaid, seorang ahli IVF (In Vitro Fertilization) di Indira IVF seperti dikutip dari tabloidnova.

Konsumsi soda berlebihan juga menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan fluktuasi yang menyebabkan gangguan ovulasi dan bahkan memperburuk PMS (gejala pramenstruasi).

Asam fenilalanin dan aspartat adalah dua asam amino yang ada dalam aspartam yang dianggap alami dan tidak berbahaya saat dikonsumsi bersamaan dengan asam amino lainnya.

Sebaliknya, para ahli mengatakan bahwa saat dikonsumsi tanpa disertai keduanya, justru merangsang pembangkitan radikal bebas yang menyebabkan kematian sel
Sperma dan sel telur memiliki 90 persen kemungkinan mati saat mengonsumsi soda berlebihan.

Disarankan oleh banyak dokter dan ahli untuk menghindari apa pun yang membantu pembentukan radikal bebas di tubuh untuk kepentingan kesehatan reproduksi,” kata Vaid.

Ahli lainnya, Rachna Jaiswar, dari Departemen Kandungan Rumah Sakit Safdarjung, mengatakan konsumsi minuman bersoda memengaruhi sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan penambahan berat badan dan ketidakseimbangan hormon, yang sangat berkontribusi terhadap masalah kesuburan.

Tak heran jika wanita yang suka mengonsumsi minuman bersoda saat menstruasi akan merasakan durasi menstruasinya lebih cepat selesai karena hormonnya menjadi tidak seimbang.

“Kandungan kafein di dalam minuman bersoda mengurangi aliran darah uterus sehingga mengurangi perdarahan menstruasi dan memperpendek durasi menstruasi. Kombinasi kafein, aspartam, dan fruktosa memengaruhi hormon seks dan reseptor hormon, bahkan menyebabkan ketidaksuburan,” terangnya.(maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita