Jumat, 23 April 2021

Hadir di iNewsMaker Award, Anies Bicara Tentang Pemimpin yang Baik

Hadir di iNewsMaker Award, Anies Bicara Tentang Pemimpin yang Baik

Foto: Anies Baswedan hadir di iNewsMaker Award. (asmc)

Jakarta, Swamedium.com — Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan menjelaskan sosok pemimpin seperti apa yang dibutuhkan untuk masyarakat.

Banner Iklan Swamedium

Menurut Anies, ada beberapa syarat yang harus dimiliki untuk menjadi pemimpin.

“Pertama itu kita sebagai pejabat misalnya, dia memiliki tanggung jawab secara konstitusional. Kita di pemerintahan dapat amanat untuk melaksanakan tugas, dengan tata kelola yang baik,” ujar Anies di acara iNewsMaker Awards 2017 di MNC Center, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/5) malam.

Anies mengatakan, perencanaan pembangunan yang ditetapkan pemimpin bisa dilihat dan dibandingkan dengan realisasinya. Peran perencanaan menjadi penting, menurut Anies, kalau perencanaan tersebut berjalan dengan tepat, maka hasil eksekusinya akan menjadi baik.

Selain itu, lanjut Anies, pemerintahan sebagai pihak yang menjalankan perintah institusi, harus bisa juga memimpin masyarakat. Dalam hal ini adalah memimpin untuk membimbing warga mengusulkan solusi demi kemajuan negeri.

“Pemimpin negeri ini menjalankan tatakelola negara dengan semangat gorong royong. Jadi selain menjalankan aturan konstitusi, pemimpinnya ini harus juga bisa memimpin masyarakat, untuk bergerak memajukan daerah,” lanjut Anies.

Anies menambahkan, bahwa peran pemimpin untuk bisa meyakinkan dalam pelaksanaan, harus ada SOP tambahan. Tujuan dalam menjalankan roda pemerintahan, bukan dalam menjalankan SOP saja, tetapi memperbaiki dan menyelesaikan masalah di masyarakat. Anies menjelaskan kalau SOP nya salah, belum tentu bisa menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat.

“Kita akan menemukan situasi dalam mengelola prosedur. Itu tetap dan perlu diawasi, karena penting bagi kita untuk cari solusi, jadi perlu dilembakankan solusi tersebut. Hal itu dilakukan agar tidak menempelkan solusi kepada pemimpin saja, karena pemimpin bakal gonta-ganti,” ucap Anies. (*)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita