Kamis, 15 April 2021

Tekan Angka Impor, Kemendag Wacanakan Pemetaan Komoditas

Tekan Angka Impor, Kemendag Wacanakan Pemetaan Komoditas

Foto: Kepala BPPP Kementerian Perdagangan RI, Kasan Muhri. (Iqlima/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Guna mengantisipasi lonjakan permintaan bahan pangan, Kementerian Perdagangan melalui Badan Pusat Pengkajian Perdagangan Dalam Negeri merencanakan untuk melakukan pemetaan komoditas berdasarkan komoditas unggulan di tiap-tiap provinsi.

Banner Iklan Swamedium

BPPP Kemendag melihat konsumsi pangan justru akan semakin meningkat seiring pertumbuhan penduduk yang diperkirakan mencapai 305,7 juta jiwa pada 2035 berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan United Nations Population Fund.

Menanggapi hal tersebut Kementerian Perdagangan berusaha melakukan upaya jangka panjang untuk menanggulangi kurangnya pasokan pangan. Pemetaan tersebut akan menjadi rencana jangka panjang setelah sebelumya untuk menekan jumlah permintaan, pemerintah selalu menggelontorkan pasokan dari luar negeri atau impor.

Kepala BPPP Kementerian Perdagangan RI, Kasan Muhri mengatakan pihaknya telah melakukan pendataan di 17 provinsi untuk komoditas daging sapi dan cabai.

“Saya sedang melaksanakan itu. Sudah ada 17 provinsi yang terdaftar,” katanya.

Targetnya, pemetaan selesai pada tahun 2017, minimal untuk beberapa komoditas saja. Dengan demikian, jumlah demand dan supply bisa terpantau secara mudah.

“Kita jadi tahu defisit, kita tahu sentra produksi, tahu daerah mana yang kekurangan. Makanya saya targetnya bisa di pertengahan tahun ini, tidak harus semuanya, minimal hanya komoditi tertentu saja,” tutur Kasan. (Ima)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita