Selasa, 20 April 2021

“Google Open Source”, Rumah Untuk Proyek Sumber Terbuka Milik Google

“Google Open Source”, Rumah Untuk Proyek Sumber Terbuka Milik Google

Foto : Halaman depan yang tampil pada Google open Source.(rk)

California, swamedium.com — Perusahaan raksaksa bidang teknologi di dunia, Google ternyata tidak main-main dalam proyek teknologinya yang menggunakan prinsip sumber terbuka. Hal itu dikonfirmasi oleh Will Norris salah seorang teknisi perangkat lunak sumber terbuka melalui tulisannya mengatakan Google mendirikan “rumah” untuk menampung seluruh proyek sumber terbuka miliknya yang diberi nama Google Open Source dan dapat anda kunjungi di tautan opensource.google.com.

Banner Iklan Swamedium

Proyek teknologi yang ditampung ke dalam rumah tersebut diantaranya sistem operasi Android, Kubernetes hingga Angular JS. Proyek-proyek tersebut didalamnya ada yang masih dalam tahap eksperimental dan ada juga yang dibuat hanya untuk mengasah logika berfikir para teknisi. “Salah satu prinsip filosofi kami untuk merilis (perangkat lunak dengan -red) kode sumber terbuka adalah ‘lebih banyak lebih baik’.” kata Will Norris.

Dalam distribusi proyek-proyek Google yang berada di dalam Google Open Source adalah menggunakan GIT, sehingga anda dapat dengan mudah memperoleh proyek-proyek tersebut ke dalam gawai anda. Ada beberapa bagian lain yang dijelaskan oleh Will Norris yang juga disertakan ke dalam Google Open Source ini, diantaranya Doc, Blog dan Community.

Doc berfungsi untuk mendokumentasikan proses pengerjaaan proyek-proyek Google seperti menerima masukkan “patch” untuk menambal celah atau kecacatan pada perangkat lunak. Selain itu ada Blog yang berfungsi untuk publikasi mengenai perilisan atau pembuatan proyek terbaru. Dan Community yang berfungsi untuk publikasi mengenai acara-acara yang diselenggarakan oleh Google seperti Google Summer Of Code.(*/rk)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita