Senin, 06 Juli 2020

Puluhan Rumah Suku Baduy Terbakar, Seorang Warga Luka Bakar

Puluhan Rumah Suku Baduy Terbakar, Seorang Warga Luka Bakar

Foto: Sekitar 84 rumah Suku Baduy Luar di Kampung Cisaban, Lebak, hangus terbakar. (ist)

Lebak, Swamedium.com– Sekitar 84 rumah suku Baduy di pedalaman Kampung Cisaban, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Selasa (23/5) malam habis terbakar. Seorang warga dilaporkan mengalami terluka

“Kobaran api diketahui sekitar pukul 19.30. Dan rumah yang terbakar sekitar 80 rumah. Tiupan angin kencang serta material yang mudah terbakar mengakibatkan banyak rumah terbakar,” kata Antiwin, tokoh Masyarakat Baduy seperti dikutip poskota, Rabu (24/5).

Disebutkan seorang warga bernama Daipan, 50, mengalami luka bakar ringan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kaprawi mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Dan pihaknya kini tengah membangun tenda-tenda untuk pengungsian dan juga posko-posko logistik.

“Ada 84 rumah, 105 kepala keluarga dan 365 jiwa, penanganan sudah dilakukan, penyelematan masyarakat secara maksimal, posko pengungsian dan logistik sedang kita lakukan,” kata Kaprawai seperti dilansir merdeka.com, Rabu (24/5).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, api yang menghanguskan puluhan rumah milik warga suku Badui luar berasal dari tungku api pengolahan gula aren.

Disebutkan, mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Lebak kesulitan mencapai lokasi. Pasalnya, lokasi perumahaan Suku Baduy Luar itu hanya bisa ditempuh dengan perjalanan kaki, berjarak sekitar tiga kilometer dari arah Kecamatan Sobang.

Kendala inilah yang menyebabkan api terus berkobar dan menghanguskan puluhan rumah milik warga suku Baduy luar.

Saat ini aparat kepolisian dari Polres Lebak dan BPBD sudah berdatangan di lokasi Kampung Cisaban Baduy Luar. Lokasi Kampung Cisaban sekitar 20 kilometer dari pintu masuk kawasan Baduy di Ciboleger. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.