Kamis, 22 April 2021

Dhompet Dhuafa Bantu Atasi Kebakaran di Perkampungan Baduy

Dhompet Dhuafa Bantu Atasi Kebakaran di Perkampungan Baduy

Jakarta, Swamedium.com – Menolong sesama manusia tanpa memandang SARA (suku, agama dan ras) melekat dalam ajaran Islam. Sebagai badan amil zakat, Dompet Dhuafa menerapkan ajaran itu dengan meresponcepat setiap ada musibah. Kali ini, Dompet Dhuafa menurunkan tim respon cepat Pusat Manajemen Bencana (DMC) untuk turut mengatasi kebakaran di perkampungan Baduy Luar.

Banner Iklan Swamedium

Kebakaran hebat melanda perkampungan suku adat Baduy Luar, di Kampung Cisaban Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Selasa (23/5) malam.

Sebagaimana dikutip dari republika.co.id, musibah tersebut menghanguskan setidaknya 60 rumah tinggal Suku Baduy Luar. Kondisi perkampungan tersebut kini rata dengan tanah dan seluruh Suku Baduy Luar berada di pengungsian.

Tak hanya kampung yang terbakar, lumbung padi pun ikut dilalap si jago merah. Penyebab kebakaran di perkampungan Suku Baduy Luar di duga bermula dari tungku pengolahan gula aren yang akhirnya merambat ke permukiman warga. Pemukiman Suku Baduy Luar yang terbakar itu berlokasi di Kampung Cisaban, RT 02 RW 02, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

Pemimpin Cabang Dompet Dhuafa Banten, Abdurahman Usman mengatakan, Dompet Dhuafa menerjunkan tim relawan yang berkolaborasi dengan tim DMC dan Lembaga Pelayan Masyarakat Dompet Dhuafa pusat.

Sembari menunggu data kebutuhan di lapangan, tim gabungan juga menyiapkan sembako dan beberapa kebutuhan dasar yang dibutuhkan pengungsi, terutama untuk balita dan lansia.

”Upaya sinergi antar divisi dipersiapkan guna menyiasati pembagian tim untuk respon dan persiapan Ramadhan. Sehingga respon dapat berjalan dengan cepat dan efektif untuk #LoveBaduy,” ungkap Abdurahman melalui keterangan tertulisnya, Kamis (25/5)

Perlu diketahui, penerima manfaat lembaga amil zakat Dompet Dhuafa Filantropi mencapai 1,7 juta jiwa di tahun 2016 yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia dan 16 negara.

“Penerima manfaat tersebut melingkupi program Dompet Dhuafa yang terdiri dari bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan pengembangan sosial,” kata Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi Imam Rulyawan.

Dompet Dhuafa mendapat amanah dana sosial Rp314 miliar pada 2016. Angka tersebut mengalami kenaikan 18 persen dari kepercayaan masyarakat di tahun sebelumnya. Porsi dana zakat sebesar 60 persen masih mendominasi dari total penghimpunan.

“Alhamdulillah ada kenaikan cukup signifikan sebesar 18 persen dari tahun 2015. Tahun 2015, Dompet Dhuafa menghimpun sebesar Rp263 miliar,” kata Imam.(maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita