Kamis, 15 April 2021

Perusahaan Otomotif China Geely Akuisi Proton

Perusahaan Otomotif China Geely Akuisi Proton

Foto: Perusahan mobil asal China, Geely membeli 49,9 persen saham Proton. (ist)

Kuala Lumpur, Swamedium.com — Perusahaan otomotif China, Zhejiang Geely Holding Group membeli 49,9 persen saham Proton dari DRB-Hicom. Namun pemerintah Malaysia menilai, pembelian itu tidak menghilangkan nasib Proton sebagai mobil nasional.

Banner Iklan Swamedium

“Proton akan tetap menjadi mobil nasional dan sumber kebanggan kami karena Proton masih memiliki mayoritas saham yakni 50,1 persen,” kata Menteri Keuangan Johari Abdul Ghani, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (25/5).

Menurut Johari, penjualan saham ke perusahaan otomotif China itu diharapkan bisa membuat Proton bangkit lagi dari keterpurukan.

“Merek yang kita cintai ini sekarang memiliki peluang untuk berjaya kembali, saya sangat berharap,” tuturnya.

Seorang sumber di DRB-Hicom mengungkapkan kepada Reuters, awalnya Geely ingin membeli 51 persen saham Proton namun tak bisa. Meski hanya memiliki 49,9 persen, namun analis menilai dengan saham itu Geely sudah bisa mengambil peran penting terutama dalam hal pengaplikasian teknologi serta pemasaran.

“Geely sudah menggunakan platform teknologi Volvo untuk menghasilkan produk yang bagus. Hal itu juga akan diterapkan pada Proton,” kata seorang konsultan otomotif IHS Markit Automotive, James Chao.

Geely akan berperan dalam produksi, manufaktur, penjualan dan pemasaran. Sementara DRB-Hicom akan menangani pendistribusian produk. Penandatanganan kesepakatan ini akan dilakukan pada Juli. (*/d)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita