Selasa, 20 April 2021

Tak Mau Terkena WannaCry, Tim Perangkat Lunak Samba Telah Menutup Celah Keamanan Ini

Tak Mau Terkena WannaCry, Tim Perangkat Lunak Samba Telah Menutup Celah Keamanan Ini

Foto : Ilustrasi (thehackernews)

Göttingen, swamedium.com — Serangan ransomware WannaCry yang berimbas di seluruh dunia ini sangat meresahkan pengguna komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows. Sebab, ransomware WannaCry ini mengunci data anda dan anda diwajibkan untuk menukarkan uang anda dengan kunci yang dipergunakan untuk membuka data anda yang terkunci oleh WannaCry. Jika data anda tidak ditebus, maka anda akan kehilangan data. Karena WannaCry akan menghapus data anda yang terkunci tersebut. Meskipun demikian, WannaCry ini belum berimbas pada pengguna komputer dengan sistem operasi Unix atau yang mirip dengan Unix seperti GNU/Linux, FreeBSD dan macOS.

Banner Iklan Swamedium

Guna menghindari dari serangan ransomware lain yang diperkirakan memiliki kemampuan lebih dari WannaCry pada sistem operasi Unix dan yang mirip dengan Unix, tim perangkat lunak Samba telah menutup celah keamanan ini kemarin (24/5) dengan merilis Samba pada versi 4.6.4, 4.5.10 4.4.14. Seperti yang dimuat pada catatan kemanan dengan nomor seri CVE-2017-7494 yang dilaporkan oleh Volker Lendecke salah satu teknisi dari SerNet Service Network GmbH, Celah keamanan ini prinsip kerjanya sama seperti protokol SMB versi 1 pada sistem operasi Windows yang memiliki kemampuan untuk mengeksekusi program pada komputer yang dieksekusi melalui jarak jauh.

Tim perangkat lunak Samba baik dari Sernet dan komunitas Samba juga menyarankan pada pengguna Samba untuk melakukan pembaruan ke versi tersebut. Versi ini juga telah tersedia pada beberapa distribusi GNU/Linux seperti Redhat, dan Ubuntu. Jika distribusi GNU/Linux atau sistem Unix yang belum mendapatkan pembaruan, anda tinggal menambahkan parameter nt pipe support = no di dalam konfigurasi smb.conf anda.(rk)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita