Rabu, 21 April 2021

BNPB Minta Warga Jauhi Hulu Sungai Gunung Sinabung

BNPB Minta Warga Jauhi Hulu Sungai Gunung Sinabung

Foto: BNPB Minta Warga Jauhi Hulu Sungai Gunung Sinabung. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Semakin meningkatnya aktifitas Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara patut diwaspadai. Selain ancaman debu vulkanik, bahaya lahar juga menjadi risiko bahaya.

Banner Iklan Swamedium

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho melalui relisnya, meminta masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap ancaman bahaya lahar.

“Mengingat telah terbentuk bendungan alam di hulu Sungai Laborus, maka penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Laborus agar tetap menjaga kewaspadaan. Bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol, bila tidak kuat menahan volume air sehingga mengakibatkan lahar atau banjir bandang ke hilir,” tulis Sutupo.

Kepada BPBD Kabupaten Tanah Karo, BNPB juga minta segera melakukan sosialisasi ancaman bencana lahar atau banjir bandang ini ke penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sepanjang hilir dan sekitar Sungai Laborus.

Dalam data BNPB, sampai saat ini jumlah pengungsi Gunung Sinabung belum ada penambahan, walau aktifitas gunung terus meningkat. Dari 8 pos pengungsian, tercatat 7.214 jiwa atau 2.038 KK jumlah pengungsi. Namun hanya ada 2.863 jiwa yang tinggal di pos pengungsian. Lainnya banyak yang tinggal di tempat lain di luar pos pengungsian. (*/d)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita