Sabtu, 24 April 2021

Gunung Sinabung Tiap Hari Erupsi, Jumat Pagi Letusan Disertai Gempa Kecil

Gunung Sinabung Tiap Hari Erupsi, Jumat Pagi Letusan Disertai Gempa Kecil

Foto: Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara belakangan ini hampir setiap hari meletus alias erupsi. (ist)

Medan, Swamedium.com – Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara belakangan ini hampir setiap hari meletus alias erupsi. Dari pantauan, Jumat (26/5) pagi, Sinabung kembali erupsi disertai gempa kecil.

Banner Iklan Swamedium

“Tadi pagi memang erupsi lagi. Setiap hari erupsi terus disertai gempa berkekuatan kecil,” kata Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Natanel, Jumat (26/5).

Natanel mengatakan, luncuran erupsi pada hari ini tidak begitu tinggi dari hari sebelumnya. Tadi pagi, terpantau luncuran debu mencapai 700 sampai 1500 meter.

“Luncuran mengarah ke Tenggara dan Selatan. Angin bertiup lemah, dengan kondisi udara 18 sampai 19 derajat celsius,” tambahnya seperti dikutip tribun-medan.com.

Meski erupsi lagi, debu tidak mengganggunya aktivitas masyarakat. Hanya saja, BPBD Karo kembali mengimbau warga untuk tidak mendekati zona merah yang telah ditetapkan.

“Kami sudah sering lakukan sosialisasi, ada jarak-jarak tertentu yang tidak boleh didekati. Misalnya, radius 3 Km dari puncak itu tidak boleh ada aktivitas di sana,” kata Natanael.

Kali ini, debu yang dilontarkan mencapai 3.500 meter dan membuat Kota Berastagi tertutup debu.

Seperti diketahui Gunung Sinabung mulai erupsi sejak tahun 2013. Sampai sekarang, erupsinya belum berhenti. Pada Sabtu (20/5) kemarin, debu akibat erupsinya mencapai 4.000 meter dengan lama gempa vulkanik 343 detik. (*/d)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita