Sabtu, 24 April 2021

Inilah Keistimewaan yang Diberikan Kerajaan Arab Saudi Kepada Habib Rizieq

Inilah Keistimewaan yang Diberikan Kerajaan Arab Saudi Kepada Habib Rizieq

Foto: Habib Rizieq Syihab saat diterima salah satu ulama Arab Saudi. (FB Abu Muslim)

Jakarta, Swamedium.com — Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab sampai hari ini masih berada di Arab Saudi. Hampir satu bulan Ketua Dewan Pembina GNPF MUI itu pergi umrah, melebihi waktu yang biasa dilakukan WNI pada umumnya.

Banner Iklan Swamedium

Kepergiannya ke Arab Saudi menimbulkan tanya, di tengah proses penyelidikan kepolisian atas kasus yang menjeratnya.

Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Agung Sampurno menjelaskan, visa yang digunakan untuk Habib Rizieq bisa saja berbeda dengan visa umrah untuk masyarakat pada umumnya.

Menurutnya, kebijakan mengeluarkan visa itu sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah Arab Saudi. Dia mengatakan, pihaknya juga tak bisa melihat visa yang diperoleh Habib Rizieq dari pemerintah Arab Saudi.

“Jadi terkait dengan visa yang digunakan oleh beliau, tentu kedutaan Arab yang menentukan. Kami tidak bisa melihat visa yang diberikan,” kata Agung seperti dilansir CNNIndonesia, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, jika Habib Rizieq diberikan visa umrah, bisa saja visa tersebut berbeda dengan yang diperoleh masyarakat pada umumnya. Agung menjelaskan, dalam kebijakan pervisaan, dikenal dengan sistem single entry dan multiple entry.

Menurutnya, kebijakan di masing-masing satu negara dengan yang lainnya berbeda, sehingga tak bisa disamakan. Mereka juga tak bisa diganggu gugat soal kebijakan tersebut.

“Persoalannya di luar kebijakannya berbeda. Mereka tidak bisa seperti itu,” ucap Agung.

Agung menuturkan, pemerintahan Arab Saudi juga memiliki satu jenis visa khusus, yakni visa undangan. Jenis visa tersebut, lanjut Agung, dikeluarkan secara khusus oleh pihak Kerajaan Arab Saudi, yang biasanya untuk melaksanakan ibadah haji.

Namun begitu, Agung belum mengetahui secara pasti kegunaan visa khusus tersebut, selain untuk ibadah haji. Menurutnya, yang berwenang menjawab penggunaan visa Habib Rizieq adalah pihak Kedutaan Besar Arab Saudi yang ada di Indonesia.

“Apakah keistimewaan ini yang diberikan, saya enggak tahu juga. Karena yang bisa jawab pemerintah Arab Saudi melalui kedutaannya,” ungkapnya. (ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita