Kamis, 15 April 2021

Kesiapan Polri Hadapi Musim Mudik Lebaran 2017 Dipertanyakan

Kesiapan Polri Hadapi Musim Mudik Lebaran 2017 Dipertanyakan

Foto: Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch (ITW). (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Setelah peristiwa ledakan bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur, Polri dituntut sudah harus siap menghadapi musim mudik pada Hari Raya Idul Fitri 2017.

Banner Iklan Swamedium

Permasalahan arus mudik dan arus balik lebaran, dan transportasi darat menjadi permasalahan klasik yang harus mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch (ITW) Edison Siahaan dalam keterangan persnya, Sabtu (27/5).

Edison mengingatkan Polri agar memberikan pelayanan pada masyarakat, lebih fokus untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran (kamseltibcar) lalu lintas pada musim mudik mendatang.

“Sejak dini Polri sudah harus mengindetifikasi potensi ancaman dan menyiapkan solusi untuk mengatasi kendala yang akan mengganggu Kamseltibcar lalu lintas,” ujarnya.

Edison menilai, harapan masyarakat pemudik tidaklah muluk-muluk. Mereka ingin mudik ke kampung halaman dengan selamat.

“Untuk mewujudkan Kamseltibcar para pemudik, Polri harus meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait, serta fokus dan tulus, sehingga kualitas mudik 2017 bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” tandasnya.

Edison juga berharap, pada musim mudik tahun ini tidak lagi terjadi tragedi seperti “Brexit” pada mudik 2016.

“Prediksi kemacetan pada 2017 akan berpindah ke Pekalongan, apabila pintu keluar tol Brebes-Pemalang sudah digunakan. Jangan ada lagi tragedi Brexit,” ucapnya.

Terlebih, lanjut Edison, kota Pekalongan memiliki banyak persimpangan dan 48 pintu lintasan kereta api (KA). Polri seharusnya sudah menyiapkan jalur-jalur alternatif yang bisa dilalui pemudik dan menyosialisasikannya sejak awal di Jakarta, bukan di Pekalongan.

“Semua jalur mudik potensi terjadi kemacetan, tinggal bagaimana kemampuan Polri melakukan rekayasa dan pengaturan untuk mencairkan kemacetan,” ujar Edison.

Edison pun berharap, upaya-upaya yang dilakukan Polri bisa menjadi solusi efektif mengatasi semua masalah klasik yang selalu terjadi pada musim mudik lebaran seperti kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

“Polri hendaknya menerapkan dan memberlakukan rencana umum nasional keselamatan (RUNK) sebagai landasan untuk mewujudkan keselamatan berlalu lintas,” pungkasnya. (ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita