Kamis, 15 April 2021

Mulai 30 Mei, Ke Bandara Soeta Bisa Naik Bus Dari Mal dan Hotel

Mulai 30 Mei, Ke Bandara Soeta Bisa Naik Bus Dari Mal dan Hotel

Jakarta, Swamedium.com – Ini kabar gembira untuk pengguna jasa transportasi bandara, tetapi mungkin kabar kurang menyenangkan bagi perusahaan jasa transportasi konvensional maupun online. Pada 30 Mei ini, kompetitor mereka akan bertambah karena JAConnexion mulai beroperasi di Jabodetabek.

Banner Iklan Swamedium

Perlu diketahui, Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) meluncurkan angkutan Jakarta Airport Connexion atau disingkat JAConnexion yang akan mengangkut penumpang langsung dari mal-mal maupun hotel di Jabodetabek ke Bandara Soekarno Hatta.

Kepala BPTJ, Elly Sinaga, menjelaskan moda angkutan baru berbentuk bus itu akan melayani pemberangkatan penumpang dari hotel-hotel dan mal di Jabodetabek ke Bandara Soekarno Hatta (Bandara Soeta).

“Setelah kami komunikasi dengan pengelola dan pemilik hotel, kita analisa ada banyak sekali orang-orang yang melakukan perjalanan ke bandara dalam seharinya. Ini akan mulai diresmikan dan beroperasi 30 Mei 2017,” ujar Elly kepada detik.com, di Jakarta, Jumat (26/5).

Elly belum bisa memastikan berapa potensi penumpang yang bisa diangkut dari hotel, namun targetnya, 70% tamu hotel yang selama ini bepergian dari dan ke bandara dengan taksi dan mobil pribadi bisa beralih menggunakan JAConnexion.

Sementara untuk armadanya, angkutan bandara dari hotel-hotel ini akan mengandalkan mikrobus dengan 20 tempat duduk. Untuk tahap awal,headway atau waktu jeda antar bus adalah 1 jam. Sementara untuk keberangkatan dari pusat perbelanjaan akan dilayani armada bus besar.

Setiap armada mikrobus tersebut akan melayani 3 hotel terdekat, sebelum kemudian berangkat langsung ke Bandara Soetta.

“Ini kan tahap pertama baru 20 hotel dan jumlah armadanya terbatas, jadi baru setiap 1 jam. Untuk tarifnya ini ditentukan oleh operator masing-masing, untuk yang bukan tamu hotel juga bisa menggunakan JAConnexion,” kata Elly.

Untuk diketahui, saat ini sudah ada 4 operator yang berkomitmen untuk mengoperasikan JAConnexion yakni Perum Damri, Blue Bird, dan Sinar Jaya. Selain hotel, BPTJ juga membuka rute JAConnexion dengan menggunakan bus besar dari 5 mal yang ada di Jakarta yang dioperasikan oleh Perum PPD.

“Itu nanti akan ada operator yang bertambah jika ingin mengajukan, sekaligus hotel-hotel. Tapi untuk saat ini baru 4 operator dan 20 hotel dan 5 mal,” terang Elly.

Berikut rute yang dilayani oleh JAConnexion untuk tahap awal yakni

PT Big Bird Pusaka dengan 15 unit kendaraan:
Hotel Borobudur- Hotel Alia-Hotel Luminor-Bandara Soetta.
Hotel Aryaduta-Hotel Sari Pan Pasific-Bandara Soetta.
Hotel Grand Cemara-Hotel Ibis Thamrin-Hotel Milenium-Bandara Soetta.
Hotel Sahid Jaya-Mall Grand Indonesia-Hotel Ascot-Bandara Soetta.

Perum Damri dengan 10 unit kendaraan:
Hotel Amaris Thamrin City-Bandara Soetta.

PO Sinar Jaya dengan 16 unit kendaraan:
Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang-Bandara Soetta.
Bogor Trade Mall-Bandara Soetta.

Perum PPD 50 unit kendaraan:
Mall Taman Anggrek-Bandara Soetta.
Mall Plaza Senayan-Bandara Soetta.
Mall ITC Cempaka Mas-Bandara Soetta.
Mall Kelapa Gading-Bandara Soetta.
ITC Tanah Abang-Bandara Soetta. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita