Jumat, 23 April 2021

Operasi Pasar Kendalikan Harga Pangan dan Jaga Inflasi

Operasi Pasar Kendalikan Harga Pangan dan Jaga Inflasi

Jakarta, Swamedium.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar operasi pasar di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan untuk mengamankan pasokan bahan pangan sekaligus mengendalikan harga. Sementara itu, Menko Perekonomian mengidentifikasi dua bahan pangan, yaitu bawang putih dan daging sapi perlu mendapat perhatian khusus agar inflasi terjaga.

Banner Iklan Swamedium

Berdasarkan pantauan detik.com, operasi pasar ini dihadiri Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Daglu) Kemendag, Oke Nurwan. Jelang Lebaran, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menugaskan semua pejabat eselon I Kemendag turun ke lapangan mengecek harga bahan pangan.

Dalam operasi pasar ini Kemendag menawarkan gula pasir seharga Rp 12.500/kg, bawang putih Rp 30.000/kg, dan minyak goreng kemasan sederhana Rp 11.000/liter.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk bahan pangan seperti minyak goreng, daging beku, gula pasir dan bawang putih. Penetapan HET dilakukan untuk menjaga kestabilan harga menjelang Ramadhan.

Namun satu hari menjelang puasa, harga bawang putih masih di kisaran Rp 60.000 – Rp 65.000 di pasaran. Begitupun harga daging beku yang masih Rp 100.000-Rp 110.000/kg.

Harga di pasaran tersebut tidak sesuai dengan HET yang sudah ditetapkan pemerintah. Bawang putih ditetapkan Rp 38.000 per kilogram dan daging beku dipatok Rp 75.000- Rp 80.000 per kilogram.

Sementara itu, Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution, menggelar rapat koordinasi (rakor) menjaga inflasi selama Ramadan hingga Lebaran. Dalam rakor diidentifikasi dua bahan pangan yang perlu mendapat perhatian khusus yaitu bawang putih dan daging sapi.

Alasannya, harga dua komoditas pangan itu sempat naik menjelang Ramadan.

“Ya komoditas tertentu, bawang putih. Daging sapi ya namanya mau puasa lebaran ya tidak banyak perubahan,” ujar Darmin usai rakor di Kemenko Perekonomian sebagaimana dikutip detik.com, Jumat (26/5). (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita