Jumat, 23 April 2021

#SaveDanauManinjau, LIPI Temukan 20 Spesies Ikan Danau Maninjau Punah

#SaveDanauManinjau, LIPI Temukan 20 Spesies Ikan Danau Maninjau Punah

Foto: LIPI menemukan ada 20 spesies ikan asli Danau Maninjau yang telah punah. (ist)

Lubukbasung, Swamedium.com – Hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumbar ditemukan ada 20 spesies ikan asli danau yang telah punah. Sekarang ini hanya tersisa 14 spesies ikan asli Danau Maninjau.

Banner Iklan Swamedium

“Ke-14 spesies ikan yang masih bertahan itu jenis Rinuak, Bada, Gupareh, Asang, Nila, Mas, Gabus, Lobster dan lainnya,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Alih Teknologi Penyehatan Danau LIPI, Jojo Sudarso di Lubukbasung, Jumat (26/5) kemarin.

Sementara jenis spesies yang punah itu adalah jenis Betok, Sidat, Cide-cide dan lainnya.

Seperti dilansir antaranews, kepunahaan ikan asli Danau Maninjau itu diperikirakan karena penangkapan secara belebihan oleh nelayan setempat. Selain itu juga disebabkan adanya pencemaran dari pakan ikan dan dimangsa ikan lain.

“Ikan Nila, Patin dan dan Gabus merupakan predaktor ikan dengan ukuran kecil,” ucapnya.

Disebutkan, penelitian keberadaan ikan asli danau itu, merupakan tindak lanjut dari program Save Danau Maninjau yang digagas Pemerintah Kabupaten Agam.

Untuk pemulihaannya, UPT Loka Alih Teknologi Penyehatan Danau LIPI telah mencoba membudidayakan jenis ikan Asang, Bada, Rinuak dan Gupareh. Hasil budidaya itu kemudian dilepas ke dalam danau.

“Jumlah yang ditebar adalah ikan Asang sebanyak 40 ribu ekor, Bada 100 ribu ekor, Gupareh 500 ekor dan Rinuak sebanyak 250 ekor. Bibit ikan ini akan dilepas ke Danau Maninjau dalam waktu dekat,” tambah Jojo.

Selain membudidaya ikan asli danau, pihaknya juga membuat zona konservasi perikanan, mengimbau nelayan untuk tidak menangkap ikan asli danau di sekitar sumber air, dan tidak menggunakan racun. (*/d)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita