Selasa, 20 April 2021

Habib Rizieq Jadi Tersangka, Pengacara Pertanyakan Prosedur Polisi

Habib Rizieq Jadi Tersangka, Pengacara Pertanyakan Prosedur Polisi

Foto: Eggi Sudjana dan Habib Rizieq Syihab saat menunaikan umrah. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Usai penetapan status Habib Rizieq Syihab sebagai tersangka kasus dugaan percakapan berkonten pornografi, Koordinator Tim Pembela Ulama dan Aktivis (PUA) Eggi Sudjana mempertanyakan prosedur penyidikan polisi.

Banner Iklan Swamedium

“Dalam konteks penyidikan harusnya polisi berpedoman pada perkap (peraturan kapolri) nomor 14 tahun 2012,” ujar Eggi.

Perkap tersebut mengatur mekanisme penyidikan, mulai dari tahap awal gelar perkara hingga penyerahan tersangka dan barang bukti.

“Di (kasus ini) sini, tidak ada tahapan gelar perkara awal, pertengahan, maupun akhir. Tidak ada satu pun tahapan yang dilakukan polisi. Kok langsung ditetap sebagai tersangka,” katanya mempertanyakan kepolisian.

Eggi lalu mengingatkan publik dengan kasus tiga tahun silam saat dirinya membela Komjen (sekarang jenderal) Budi Gunawan yang melawan proses penyidikan yang dilakukan KPK pada kasus rekening gendut polisi. Saat itu Eggi dan Budi menang di praperadilan. Status tersangka Budi pun gugur.

“Saat itu KPK menyalahi aturan. Nah masak sekarang polisi malah melakukan hal yang sama. Kok dia melakukan ini kepada habib,” ujar Eggi. (ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita