Rabu, 21 April 2021

Tanpa Lalui Tahapan Penyidikan, Polisi Tetapkan Habib Rizieq Jadi Tersangka

Tanpa Lalui Tahapan Penyidikan, Polisi Tetapkan Habib Rizieq Jadi Tersangka

Foto: Habib Rizieq Syihab saat memberikan tausiah kepada warga Pulau Untung Jawa, Kep. Seribu di Masjid Al-Ihcsan. (majalahayah)

Jakarta, Swamedium.com – Tanpa melalui tahapan dan mekanisme penyidikan, Polisi telah menetapkan status Habib Rizieq Syihab menjadi tersangka dalam kasus dugaan percakapan berkonten pornografi dengan Firza Husein.

Banner Iklan Swamedium

“Tadi siang jam 12, setelah gelar perkara Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah meningkatkan status (Habib) Rizieq Syihab dari saksi menjadi tersangka,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Senin (29/5).

Ditetapkannya Habib Rizieq menjadi tersangka, kata Argo, setelah alat bukti yang mengarahkan dirinya menjadi tersangka ditemukan penyidik saat dilakukan gelar perkara.

“Alat bukti didapat penyidik, ada beberapa kita tunggu saja,” kata Argo.

Meski begitu, Argo belum bisa memberikan keterangan mengenai langkah berikutnya yang akan diambil oleh kepolisian mengingat posisi Habib Rizieq saat ini masih berada di luar negeri

Menurut Argo, polisi masih menunggu penyidik terkait mekanisme penjemputan yang akan dilakukan pada Habib Rizieq Syihab.

“Kita tunggu saja penyidik, jangan mengandai-andai” kata dia.

Sementara itu, menanggapi penetapan status tersangka Habib Rizieq, koordinator Tim Pembela Ulama dan Aktivis (PUA) Eggi Sudjana mempertanyakan prosedur penyidikan polisi.

“Dalam konteks penyidikan harusnya polisi berpedoman pada perkap (peraturan kapolri) nomor 14 tahun 2012,” ujar Eggi.

Perkap tersebut mengatur mekanisme penyidikan, mulai dari tahap awal gelar perkara hingga penyerahan tersangka dan barang bukti.

“Di (kasus ini) sini, tidak ada tahapan gelar perkara awal, pertengahan, maupun akhir. Tidak ada satu pun tahapan yang dilakukan polisi. Kok langsung ditetap sebagai tersangka,” kata Eggi mempertanyakan kepolisian. (ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita