Kamis, 15 April 2021

Jelang Mudik, PT KAI Siapkan Gerbong Tambahan Di Ekonomi Dengan Fasilitas Premium

Jelang Mudik, PT KAI Siapkan Gerbong Tambahan Di Ekonomi Dengan Fasilitas Premium

Jakarta, Swamedium.com – Kabar gembira untuk pemudik yang sudah kehabisan tiket kereta api. PT Kereta Api Indonesia (KAI) saat ini sedang menyiapkan 66 gerbong baru sebagai angkutan tambahan saat mudik lebaran. Gerbong baru tersebut untuk melayani pemudik dari rute Jakarta menuju Jawa Tengah (Jateng), Yogyakarta, dan Jawa Timur (Jatim).

Banner Iklan Swamedium

Kepala Humas PT KAI Agus Komarudin mengatakan kereta itu merupakan jenis ekonomi premium karena walaupun termasuk dalam kelas ekonomi, tetapi kereta itu memiliki berbagai fasilitas kelas eksekutif. Fasilitas itu, antara lain TV layar datar, jok kursi yang terpisah dan toilet duduk.

PT KAI, dia menjelaskan telah memesan 6 rangkaian kereta yang masing-masing rangkaian terdiri dari 11 gerbong atau total 66 gerbong ke PT Industri Kereta Api (INKA). Gerbong tambahan tersebut, untuk melayani pemudik dari Jakarta menuju Jawa Tengah (Jateng), Yogyakarta, dan Jawa Timur (Jatim).

“Rencananya untuk (rute) Pasar Senen ke Semarang Poncol, Pasar Senen – Lempuyangan. Pasar Senen – Madiun, Pasar Senen – Surabaya (Jawa Timur), di antara itu,” tutur Agus seperti dikutip detik.com, Selasa (30/5).

Kereta tersebut masih dalam tahap uji coba, sehingga KAI belum bisa memastikan jadwal penggunaan untuk angkutan mudik. Namun KAI berupaya agar kereta tersebut bisa dipakai menambah kapasitas angkutan mudik.

Dihubungi terpisah, Senior Manager Humas Protokoler dan PKBL PT INKA, Cholik Mochamad, mengatakan pihaknya saat ini telah uji coba 4 rangkaian kereta Lebaran. Targetnya, KAI akan menerima rangkaian kereta tersebut pada 14 Juni nanti.

“Kami Insya Allah sampai 14 Juni nanti, 6 trainset itu akan kami kirim secara bertahap. Kebetulan ini yang sudah dites untuk kelayakan jalan, uji teknis dan lainnya sudah 4 trainset, jadi sisa tinggal dua trainset saja. Insya Allah target 14 juni sudah bisa kita kirim, sehingga bisa mendukung angkutan lebaran 2017,” tutur Cholik. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita