Kamis, 15 April 2021

Oase Ramadhan di Pusat Jakarta

Oase Ramadhan di Pusat Jakarta

Foto: Pembagian takjil gratis kepada pengguna jalan. (Nico Andrianto/jurnalis warga/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Pemandangan tak biasa hadir di bilangan Karet, Jakarta Pusat, Senin (29/5) kemarin, saat sekelompok anak muda membagikan takjil gratis bagi kaum du’afa serta para pengguna jalan yang melintas. Menjelang waktu berbuka, nampak nasi kotak dibagikan kepada kaum papa, sementara bagi para pengendara diberikan bungkusan berisi aqua, kurma dan roti.

Banner Iklan Swamedium

Pembagian takjil gratis tersebut dilakukan oleh sebuah gerai busana rutin setiap tahun, sebagai bentuk ungkapan rasa syukur dan solidaritas sosial bagi warga sekitar.

Foto: Takjil yang dibagikan gratis kepada pengguna jalan. (Nico/jurnalis warga/swamedium)

Di tengah Jakarta yang serba kapitalistis, pembagian takjil gratis menjadi oase Ramadhan yang menyentuh nurani. Seteguk air minum, sebutir kurma dan sepotong roti tentu sangat berarti bagi para pengendara untuk menghilangkan dahaga dan lapar puasanya.

Pembagian derma ini sekaligus meneguhkan keistimewaan bulan Ramadhan bagi umat islam. Di bulan penuh berkah ini ummat berlomba meraih pahala sebanyak-banyaknya, seperti nampak oleh melimpahnya takjil gratis di masjid-masjid. Sebagaimana pemandangan di Tanah Suci Makkah saat bulan Haji ataupun pada peristiwa Aksi Super Damai 212, keikhlasan umat islam nampak nyata untuk membantu saudaranya yang sedang beribadah.

Puasa Ramadhan bagi umat islam memiliki filosofi yang mendalam sebagai bentuk ungkapan solidaritas kepada orang yang tak berpunya dengan turut merasakan lapar.

Puasa juga berarti mendidik umat Islam untuk berbagi, dimana pahala yang ditawarkan begitu melimpah. Apalagi dengan memberikan makan dan minum bagi yang berpuasa, pahalanya berlipat ganda bahkan bisa tak terhingga. Keberkahan dan solidaritas sosial yang tercipta tentu menjadi modal sosial yang tak ternilai harganya. (Nico Andrianto/jurnalis warga)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita