Minggu, 14 Agustus 2022

Zakat Fitrah itu 3 Kg Beras, Bukan 2,5 Kg

Zakat Fitrah itu 3 Kg Beras, Bukan 2,5 Kg

Jakarta, Swamedium.com – Yuuk mumpung bulan puasa masih panjang, kita belajar mengenai zakat fitrah. Kewajiban membayar zakat fitrah berupa beras atau uang tunai senilai harga beras ini ditunaikan sebelum Sholat Idul Fitri atau biasanya di akhir ibadah puasa. Berapa perhitungan kadar zakat fitrah yang benar? 3 Kg atau 2,5 Kg?

Banner Iklan Swamedium

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan umat muslim untuk menyempurnakan ibadah puasanya. Zakat fitrah ini adalah zakat perseorangan, sehingga biaya yang dikeluarkan orang itu merupakan pengeluaran biaya pribadinya. Sehingga, tidak diperlukan laporan atas pengeluaran zakat fitrah ini.

Dari Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhu; beliau mengatakan,

فَرَضَ رَسُولُ اللهِ – صَلّى اللهُ عَلَيه وَسَلّم صَدَقَةَ الْفِطْرِ عَلَى الذَّكَرِ وَالأُنْثَى ، وَالْحُرِّ وَالْمَمْلُوكِ ، صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah, untuk lelaki dan wanita, orang merdeka maupun budak, berupa satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum.” (HR. Bukhari 1511 dan Muslim 2327).]

Perhitungan sha’ inilah yang memunculkan perbedaan pemahaman kadarnya. Alhamdulillah, seperti ditulis oleh konsultasisyariah, melalui kajian para ulama, Allah memudahkan kita untuk menemukan titik terang masalah ukuran ini.

Para ulama (Lajnah Daimah, no. fatwa: 12572) telah melakukan penelitian bahwa satu sha’ untuk beras dan gandum beratnya kurang lebih 3 kg. InsyaaAllah, untuk zakat fitrah 3 kg sangat aman.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur beberapa tahun lalu juga telah meminta pemerintah untuk memberikan imbauan bagi masyarakat agar memberlakukan zakat fitrah sebesar 3 kg. Ini artinya, lebih besar 0,5 kg dibandingkan zakat fitrah yang biasanya hanya sebanyak 2,5 kg.

Pada zaman Rasulullah Muhammad SAW, katanya, besaran zakat ditentukan dengan satu sha atau empat mud (satuan ukuran). Pada saat ini, setelah dialihkan dari mud menjadi kilogram (kg). Konversi dari ukuran mud ke ons ini yang menimbulkan perbedaan pendapat terkait penentuan besarnya satu mud menjadi ons.

Ada ulama yang menyatakan satu mud adalah 6 ons, sehingga dikali empat menjadi 2,4 kg. Ada juga yang menyatakan satu mud 6,5 ons, bila dikalikan empat menjadi 2,6 kg. Dan ada juga yang menyatakan satu mud 7 ons bila dikalikan empat menjadi 2,8 kg.

Para ulama setelah melalui diskusi panjang akhirnya menyepakati berikut ini;

Ringkasan kadar zakat:
• 1 sha’ = 4 mud
• 1 mud = cakupan penuh dua telapak tangan normal yang digabungkan
• 1 sha’ = 4 kali cakupan penuh dua telapak tangan normal yang digabungkan
• 1 sha’ beras kurang lebih setara dengan 3 kg beras.
• 1 sha’ gandum kurang lebih setara dengan 3 kg gandum.

Dengan demikian, Insha Allah lebih aman bila kita membayar zakat fitrah sebesar 3 Kg beras. Lebih baik berlebih sedikit daripada ukurannya kurang. Toh, zakat yang kita bayarkan itu akan diberikan kepada saudara kita kaum dhuafa, musafir, mualaf, pejuang agama Allah dan lainnya.(maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita