Jumat, 21 Januari 2022

Eggi: Habib Rizieq Jelas Ada di Saudi, Kenapa DPO?

Eggi: Habib Rizieq Jelas Ada di Saudi, Kenapa DPO?

Foto: Eggi Sudjana dan Habib Rizieq Syihab saat menunaikan umrah. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Polisi hari ini menetapkan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Koordinator Tim Pembela Ulama dan Aktivis (PUA), Eggi Sudjana mempersoalkan langkah polisi ini.

Banner Iklan Swamedium

“Dalam konteks DPO menjadi kewenangan polisi. Tapi itu kan untuk logikanya, DPO itu dikeluarkan untuk orang yang keberadaannya tidak diketahui,” ujar Eggi di Jakarta, Rabu (31/5).

Menurutnya, keberadaan Habib Rizieq jelas. Imam Besar Umat Islam Indonesia itu berada di Arab Saudi.

“Kan jelas di Arab Saudi, ya polisi tinggal cari. Tinggal berkoordinasi dengan pemerintah Arab Saudi,” kata Eggi.

Sebelumnya diberitakan, bahwa polisi menetapkan status DPO ini sebagai salah satu tahapan untuk permintaan red notice ke interpol. Permintaan itu akan dilayangkan apabila Habib Rizieq belum juga pulang ke Indonesia.

“Kalau sampai red notice, itu tidak dibenarkan. Karena ini bukan wilayah interpol. Untuk red notice itu harus untuk kategori yang mengancam keamanan negara. Kasus ini kan kasus ecek-ecek,” ujar Eggi.

Eggi juga meminta polisi menghentikan penyidikan untuk Habib Rizieq. Menurutnya, kasus dugaan pornografi ini merupakan kasus rekayasa. Jika diteruskan, lanjut Eggi berpotensi memecah belah bangsa Indonesia.

“Justru saya sebagai lawyer, sebagai aktivis, ingin berfungsi menjadi pemersatu bangsa. Hentikan kasus ini untuk diperiksa kembali dengan pendekatan yang tidak diskriminatif,” pungkasnya.

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita